Headline News

header-int

Tingkatkan Peran Posyandu, Nagari IV Koto Mudiak Bebas Gizi Buruk

Senin, 16 Apr 2018, 13:41:56 WIB - 43 | Yoni Syafrizal

Tingkatkan Peran Posyandu, Nagari IV Koto Mudiak Bebas Gizi Buruk

Painan, 16 April 2018--Nagari IV Koto Mudiek Kecamatan Batangkapas Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), terus meningkatkan kapasitas dan peran Posyandu di lingkungan masyarakatnya.

Upaya itu bertujuan agar asupan gizi bagi anak balita bisa tercapai secara maksimal, dalam memerangi kasus gizi buruk terhadap balita.

Demikian ditegaskan Wali Nagari IV Koto Mudiek Kecamatan Batangkapas, Syafran Tamsa Senin (16/4) kepada pesisirselatan.go.id.   

Disampaikanya bahwa untuk menuntaskan persoalan gizi buruk bagi anak balita di nagari itu, pemerintahan nagari bersama kader Posyandu, PKK nagari, dan semua unsur yang ada, rutin melakukan rapat evaluasi satu kali dalam tiga bulan.

" Melalui rapat evaluasi yang dihadiri oleh semua eleman yang ada itu, akan dibahas berbagai persoalan nagari. Termasuk juga persoalan gizi bagi balita. Itu bertujuan agar berbagai kendala yang dihadapi bisa dipecahkan, dengan tujuan agar tidak lagi ada kasus balita gizi buruk di nagari ini," katanya.

Ditambahkanya bahwa pemerintah nagari memang terus mendorong dan memotivasi kader Posyandu agar selalu aktif di masyarakat melakukan penyuluhan. Termasuk juga mencari dan menggali permasalahan di sektor kesehatan, untuk dijadikan sebagai bahan dalam penyusunan program dan kegiatan nagari.

" Itu dilakukan, karena kedepan pemerintah Nagari IV Koto Mudiek memang akan lebih meningkatkan pembangunan di sektor kesehatan. Termasuk juga pelayanan KB, Pis Peka, dan pemberantasan penyakit menular dan penyakit tidak menular. Semua kegiatan itu, dipadukan ke dalam program nagari Siaga. Karena nagari ini memang telah memiliki kader nagari siaga tersebut," ungkapnya lagi.
               
Lebih jauh dijelaskan  bahwa untuk memotivasi petugas agar memiliki semangat yang tinggi dalam menjalankan fungsinya di lapangan. Sehingga pemerintah nagari juga menyalurkan bantuan intensif bagi kader Posayandu, kader BKB, Kader KB, Kader Dasa wisma dan Kader Pemberdayaan masyarakat (KPM) di nagari itu. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube