Headline News

header-int

Walinagari Didorong Kembangkan Potensi Untuk Membuka Peluang Kerja

Senin, 17 Desember 2018, 09:30:15 WIB - 233 | Kontributor : Yoni Syafrizal

Pesisir Selatan, 17 Desember 2018--Besarnya potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terutama disektor pariwisata, membutuhkan sentuhan dan inovasi agar bisa berkembang.

Dorongan itu juga diharapkan bisa diimplementasikan oleh para walinagari, agar potensi besar disektor sebagai mana dimiliki bisa terus berkembang, dan mampu membukan peluang kerja baru bagi angkatan kerja.

Harapan itu disampaikan sekretaris daerah kabupaten (Setdakab) Pessel, Erizon kepada pesisirselatan.go.id Senin (17/12).
 
Sebagai daerah yang memiliki potensi besar di sektor pariwisata, pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, memang terus mendorong semua nagari kembangkan potensi wisata yang ada.

Dorongan itu disampaikan, karena wilayah Pessel yang secara giografis memanjang dari utara hingga ke selatan dengan garis pantai mencapai 264,2 kilometer, menyimpan potensi besar yang belum tergarap maksimal.

" Potensi itu ada di sektor pariwisata, makanya kepada semua walinagari diminta untuk menggali dan mengembangkan segala potensi yang ada di wilayah masing-masing," ungkapnya.

Disampaikanya bahwa saat ini sebagian besar fokus pengelolaan pariwisata di Peseel adalah pada potensi kebaharian atau pantai. Padahal potensi yang juga tidak kalah besar juga ada pada kawasan daratan yang memiliki banyak sungai dan berhulu di sepanjang gugusan Bukit Barisan.   

" Karena potensi itu, sehingga selain pantai dan laut, kawasan hutan disepanjang gugusan Bukit Barisan dengan aliran sungainya yang jernih dan memiliki banyak air terjun, musti pula dikelolah dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," harap Erizon.  

Harapan itu disampaikanya, sebab sektor pariwisata memiliki peluang kerja yang sangat menjanjikan.

" Dan itu bisa dilakukan di Pessel. Makanya kita terus berupaya untuk membenahi berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan," tutupnya. (05)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube