Headline News

header-int

Warga Bayang Janiah Bayu Pessel bangun insfrasruktur dongkrak ekonomi dan parawisata

Rabu, 08 Agu 2018, 15:17:50 WIB - 20 | M. Joni, S.H

PESISIR SELATAN, 08 Agustus 2018 - Warga Kampung Bayang Janiah yang berpenduduk sekitar 48 Kepala Keluarga ( KK) atau sekitar 300 jiwa di kenagarian Koto Ranah Kecamatan Bayang Utara Pessel bakal bebas dari keterbelakangan,berbagai pembangunan insfrasruktur terus digalakan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat setempat, kata wali Nagari Asrizal di nagari setempat, Rabu ( 8/8).

Pembangunan insfrasruktur merupakan kebutuhan masyarakat yang tidak bisa dielakan, bahkan sebagai urat nadi perekonomian masyarakat setempat, keterbatasan sarana lalulintas ini salah satu kendala serius yang memicu lambannya proses pembangunan, saat ini tengah di kerjakan pembangunan peningkatan status jalan sepanjang 5 km, dan sebuah jembatan yang memadai yang bisa ditempuh oleh kendaraan dengan mengunakan dana desa 2018, ulasnya

Selama ini, masyarakat Kampung Bayang Janiah terpaksa harus berjalan kaki menuju ibu kecamatan di Asam Kumbang dengan waktu tempuh sekitar 3 jam perjalanan,apalagi kondisi medan yang sulit dengan menulusuri jalan setapak menyisiri lereng perbukitan yang terjal dan rawan kecelakaan, keterbatasan sarana perhubungan ini memicu tingginya biaya transportasi dalam pengangkutan hasil bumi ke ibu kecamatan maupun ke kabupaten,pasalnya harus diangkut dengan tenaga manusia serta kemampuan daya angkut yang terbatas.

Menurut Asrizal, Kampung Bayang Janiah berpotensi sebagai daerah wisata seperti, jembatan akar, meskipun ukuran lebih pendek di bandingkan jembatan akar yang ada di kenagarian Puluik-Puluik kecamatan Bayang Utara, namun tidak kalah uniknya didukung dengan potensi alam yang indah, udaranya sejuk dan nyaman, kondisi ini membuat masyarakat yang berkunjung kedaerah ini merasa puas dan nyaman.

Selain itu, masyarakat masih melestarikan kincir air tradisional raksasa yang terbuat dari kayu sebagai alat pemasok air sawah kebutuhan tanaman padi yang merupakan andalan ekonomi masyarakat setempat, sumber ekonomi masyarakat tidak terfokus dengan hasil produksi pertanian saja, namun juga berbagai komoditi unggulan dalam sektor perkebunan seperti, buah kemiri, casiavera, coklat, kopi dan komoditi lainnya yang menghasilkan.

Dengan adanya sarana perhubungan yang memadai sangat membantu meringankan beban masyarakat, setidaknya menekan biaya transportasi, kemudian ekonomi masyarakat akan tumbuh dan berkembang.

Salah seorang warga setempat Indra (41) mengakui, daerah Bayang Janiah masih sulit berhubungan dengan pihak luar, sampai saat ini masyarakat belum bisa berkomunikasi mengunakan alat teknologi seperti Handphone seluler dan internet, hal tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah agar masyarakat bebas dari belenggu isolasi desa,masyarakat berharap kepada pemerintah agar kampung Bayang janiah yang memilki potensi wisata ini membutuhkan perhatian pemerintah. (10)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2018 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube