Headline News

header-int

Hadi Susilo : Perkembangan Industri Homestay Mengembirakan

Selasa, 24 Agustus 2021, 13:49:00 WIB - 273 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
 Hadi Susilo : Perkembangan Industri Homestay Mengembirakan

Pesisir Selatan-- Perkembangan industri homestay di Kabupaten Pesisir Selatan , cukup menggembirakan seiring dengan kebutuhan wisatawan atas ketersediaan penginapan yang memadai.Apalagi Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi pariwisata yang sangat besar. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Hadi Susilo Selasa (24 /8) menjelaskan menjawab kebutuhan wisatawan maka homestay tumbuh kembang untuk melayani wisatawan. Dan berkembangnya homestay di Kawasan Wisata akan meningkatkan ekonomi masyarakat . 

Tercatat hampir 70 homestay tumbuh dan berkembang terkhusus paling banyak di Kawasan Mandeh dan Pantai Cerocok Painan. Dan untuk mengakomodir semua kebutuhan,keluhan dan memantau perkembangan Homestay di Kabupaten Pesisir Selata. dipasilitasi Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga membentuk Perhimpunan Homestay Pesisir Selatan (PHPS). 

"Kehadiran PHSB ini sangat istimewa. Karena, organisasi ini tercipta  merujuk kesepakatan para pegiat bisnis penginapan ini untuk membentuk organisasi pengelola homestay,"ujarnya 

Secara mufakat, anggota PHPS mempercayakan posisi ketua pada Tusrial pengelola Homestay Batu Kalang Beach Tarusan dibantu pengurus lainnya.  Perhimpunan ini terbentuk dalam kegiatan pelatihan manajemen Homestay yang diadakan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga selama 3 hari dari tanggal 23 s/d 25 Agustus di Langkisau Resort Salido. 

Lebih lanjut Hadi menambahkan pemberdayaan masyarakat destinasi pariwisata memainkan peran penting guna mewujudkan masyarakat destinasi pariwisata yang Sadar Wisata. Dengan Sadar Wisata maka akan tercipta kondisi kondusif bagi wisatawan untuk wisata.Dalam konteks ini pemberdayaan masyarakat di destinasi pariwisata dilihat 'sarana untuk mendorong masyarakat berpartisipasi aktif  destinasi pariwisata  yang berdaya saing (Product Development).

"Pelaku usaha Homestay harus selalu diberikan pemberdayaan kepada masyarakat pelaku wisata  oleh pemerintah Kabupaten Pessel secara berkesinambungan. Hal ini dialkukan agar masyarakat pelaku wisata memiliki kesiapan dalam perkembangan pariwisata,"  ujarnya . 

Ditambahkannya maka pemberdayaan yang dilakukan kepada pelaku wisata hendaknya mampu membuat pelaku wisata itu juga memilikipemahaman yang lengkap dalam pariwisata.Sebab seiring perkembangan pariwisata jika merusak kawasan wisata lainnya maka manaat yang akan dirasakan oleh pariwisata itu hanya sebentar saja . 

Lebih lanjut dalam Pengembangan pariwisata adalah meningkatkan kunjungan wisatawan, tugas pemerintah hanyalah melengkapi sarana dan prasarana selanjutnya masyarakat yang harus berperan serta sehingga mendapatkan manfaat dari pengembangan pariwisata tersebut 

Disamping itu masyarakat harus mampu mencari peluang peluang usaha dalam bidang pariwisata sehingga nantinya manfaat bisa didapatkan sehingga ekonomi bisa meningkat.Sebab tujuan dari pengembangan pariwisata adalah meningkatkan kunjungan wisatawan serta pengimplementasi Sapta Pesona.

"Kita berharap. PHPS mampu berperan langsung nantinya. Mereka telah mampu memiliki pemikiran kedepannya mau ikut berperan apa nantinya pada pariwisata " ujarnynya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube