Headline News

header-int

Kenali Kondisi Alam, Nelayan Diminta Waspada Saat Turun Melaut

Kamis, 10 September 2020, 09:59:03 WIB - 642 | Kontributor : Yoni Syafrizal
 Kenali Kondisi Alam, Nelayan Diminta Waspada Saat Turun Melaut

Pesisir Selatan--Kondisi cuaca yang terlihat memburuk sejak beberapa hari terakhir di perairan pantai barat Sumatera, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), harus disikapi dengan kewaspadaan oleh masyarakat nelayan.

Tingginya gelombang laut yang juga disertai hujan dan angin kencang, sudah mulai terlihat sejak Rabu (9/9) hingga Kamis (10/9).  

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesisir Selatan, Herman Budiarto, mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Kamis (10/9) bahwa  perubahan cuaca yang tidak menentu sebagaimana saat ini,  dapat mengancam keselamatan nelayan dan warga. Karena besarnya ancaman yang akan menimpa, sehingga pemerintah mengimbau nelayan dan masyarakat waspada.

"Hujan yang juga disertai badai sangat berpotensi bisa melanda kawasan pesisir pantai Pessel, agar tidak menimbulkan dampak korban bagi masyarakat dan nelayan, sehingga harus disikapi dengan kewaspadaan. Bagi nelayan yang turun melaut, diminta untuk segera berlindung pada pulau terdekat, bila hujan yang disertai badan dan gelombang tinggi terjadi," ingatnya.

Dikatakan lagi bahwa perubahan cuaca yang tidak menentu akibat pengaruh pemanasan global itu juga bisa memicu terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di Pesisir Selatan.

"Karena jalan lintas Barat Sumatera yang melintasi daerah ini tergolong rawan longsor. Sehingga kita juga meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyiagakan alat berat di beberapa titik. Tujuannya supaya disaat-saat tertentu petugas bisa segera turun melakukan penanganan," ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa petugas dari BPBD sudah diperintahkan untuk melakukan siaga dan pemantauan.

"Sedangkan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUTR)  melalui petugasnya, juga siap pula dengan alat berat yang ditempatkan pada beberapa titik. Seperti Bukit Pulai Batang Kapas, Siguntur dan di beberapa ruas jalan nasional lainya di daerah ini. Kepada pengendara juga perlu saya ingatkan agar meningkatkan kewaspadaan, terutama sekali ketika melintasi ruas jalan yang melintasi tebing bukit yang curam," tutupnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube