Headline News

header-int

Puskesmas Tanjung Beringin Gelar RCA PIN Polio dan Lokakarya Mini Lintas Sektor

Senin, 21 Oktober 2024, 10:55:26 WIB - 41 | Kontributor : Yoni Syafrizal
 Puskesmas Tanjung Beringin Gelar RCA PIN Polio dan Lokakarya Mini Lintas Sektor

Pesisir Selatan--Untuk mengetahui sasaran dan cakupan imunisasi di suatu wilayah, Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) melalui UPT Puskesmas Tanjung Beringin, Kecamatan Lunang, selenggarakan Rapid Convenience Assessment (RCA) Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

Kegiatan RCA PIN Polio yang dirangkai dengan Lokakarya Mini Lintas Sektor pada Jumat (19/10) itu, dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Agustina Ramadani, dengan diwakil Kepala Bidang (Kabid) P2P, Erna Juita, dengan didampingi Kepala UPT Puskesmas Tanjung Beringin, Yanti Novita, di ruang rapat Puskesmas Tanjung Beringin.

Hadir juga Kasubag Tata Usaha, Emilya Yosmita, Pengelola Imunisasi, Feby Prastiyananda, pengelola Promkes, Pina Juniza, dan seluruh bidan desa di Wilayah Kerja Puskesmas Tanjung Beringin tersebut.

Kabid P2P, Erna Juita mengatakan bahwa sasaran RCA PIN Polio tersebut tidak hanya terhadap Puskesmas yang mencapai target 95 persen, tapi juga yang belum mencapai target.

"Nagari yang dipilih untuk pelaksanaan RCA ini adalah Nagari Lunang Barat dan Nagari Lunang. RCA ini dilakukan untuk mengetahui sasaran dan cakupan imunisasi di suatu wilayah, apakah sudah imunisasi atau belum. Jika belum, maka akan diminta untuk diimunisasi," katanya.

Dia menjelaskan bahwa yang harus diperhatikan dalam kegiatan RCA ini adalah rekapan data sasaran PIN Polio dan cocokkan dengan kohort sasaran.

"RCA Polio adalah penilaian cepat yang dilakukan untuk memastikan bahwa sasaran imunisasi polio telah tercapai," jelasnya.

Kepala UPT Puskesmas Tanjung Beringin, Yanti Novita menambahkan bahwa bahwa RCA dilakukan dalam rangka pelaksanaan PIN Polio.

"Melalui kegiatan ini kita selain melakukan RCA PIN Polio, juga melakukan kunjungan terhadap Poskesri Nagari Lunang Barat dan Nagari Lunang. Tujuannya untuk melihat grafik dan semua kohort bidan desa, serta memberikan masukan untuk perbaikan Poskesri kedepan," timpalnya.

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube