Headline News

header-int

Selain Covid-19, Warga Juga Diingatkan Agar Waspadai Ancaman Penyakit Menular Lainnya

Rabu, 28 Juli 2021, 10:21:55 WIB - 266 | Kontributor : Yoni Syafrizal
 Selain Covid-19, Warga Juga Diingatkan Agar Waspadai Ancaman Penyakit Menular Lainnya

Pesisir Selatan--Selain virus corona (Covid-19), masyarakat juga ditegaskan agar meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman penularan berbagai penyakit menular lainnya.

Upaya itu harus dilakukan sebab kondisi keterbatasan rumah sakit dalam melakukan pelayanan pasien di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda saat ini, bisa mengancam keselamatan pasien dengan riwayat penyakit lain terancam tertular saat berobat atau di rawat di rumah sakit, termasuk juga di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel).

Hal itu ditegaskan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar, kepada pesisirselatan.go.id Rabu (28/7) di Painan.

"Masih tingginya penyebaran penularan Covid-19 sebagaimana juga dialami oleh warga Pessel saat ini, harus disikapi oleh masyarakat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Namun yang juga tidak kalah penting adalah juga menjaga diri dari ancaman penyakit menular lainnya. Karena keterbatasan kemampuan rumah sakit dalam menampung dan melayani pasien di tengah pandemi Covid-19 saat ini, juga bisa mengancam keselamatan pasien dengan riwayat penyakit lain ketika berobat atau di rawat di rumah sakit," katanya.

Dia menegaskan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dari ancaman berbagai penyakit menular lainnya itu, sehingga dia meminta kepada Dinas Kesehatan setempat supaya melakukan pemetaan lingkungan.

"Ini saya tegaskan, karena kerawanan terhadap penyebaran penyakit menular ini perlu diwaspadai. Karena ancamannya bisa terjadi kapan dan di mana saja," ingatnya.

Dijelaskannya bahwa di daerah beberapa jenis penyakit menular yang perlu diwaspadai adalah muntaber, DBD dan lainya.

"Beberapa jenis penyakit itu bisa menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) bila tidak dilakukan pemetaan lingkungan. Sebab keterbatasan sarana prasarana lingkungan, serta juga keterbatasan pengetahuan masyarakat membuat hal yang dianggap biasa bisa menjadi luar biasa," ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, ketika dihubungi Rabu (28/7) menjelaskan bahwa selain melakukan pemetaan lingkungan, pihaknya saat ini juga meningkatkan kesiagaan pada semua sarana pelayanan kesehatan mulai dari tingkat Posyandu, Poskesri, hingga Puskesmas.

"Upaya itu kita lakukan agar ketika terjadi kasus penyakit menular di masyarakat, semua tenaga medis mulai dari tingkat terendah seperti Posyandu, Poskesri, hingga Puskesmas, bisa turun secara aktif ke masyarakat," katanya.

Ditambahkan bahwa pemantauan terhadap penyakit menular lainnya yang juga perlu diwaspadai adalah Tuberkulosis (TBC), Malaria dan HIV/AIDS.

"Sedangkan beberapa jenis penyakit tidak menular yang juga perlu diwaspadai itu adalah diabetes melitus (DM),  hipertensi, pasca stroke dan jantung. Sebab penyakit yang bisa ditimbulkan oleh faktor genetik dan pola hidup yang tidak sehat itu, juga sangat menakutkan dan harus diwaspadai," ingatnya. (05)

 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube