Headline News

header-int

Sumarak Pesisir Selatan 2019 Digelar di Lumpo

Sabtu, 14 September 2019, 15:38:50 WIB - 421 | Kontributor : Didi Someldi Putra
 Sumarak Pesisir Selatan 2019 Digelar di Lumpo

Painan - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar kegiatan Sumarak Pasisia Salatan 2019 dengan menggelar berbagai tradisi kebudayaan yang ada di daerah setempat.

"Kegiatan ini digelar selama tiga hari, dalam pelaksanaanya digelar berbagai kegiatan mulai dari malamang, randai, basilek dan lain sebagainya," kata Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni usai membuka kegiatan itu secara resmi di Nagari Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Sabtu.

Ia menambahkan pada kegiatan tersebut sekaligus juga akan dipilih duta budaya yang dijadikan sebagai motor penggerak kegiatan serupa kedepan.

"Kegiatan ini sengaja digelar jauh dari pusat ibu kota kabupaten sehingga kegiatan ini benar-benar bisa dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat," katanya lagi.

Kedepan lanjutnya, kegiatan ini akan digelar secara bergiliran ke semua kecamatan di daerah setempat sehingga nilai-nilai budaya semakin melekat bagi masyarakat setempat.

Kegiatan ini diangkat dengan tema "Tabang Manumpu Inggok Mancakam", selain dihadiri oleh Bupati Hendrajoni dan jajarannya juga dihadiri oleh tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat. 

Kegiatan diwarnai petatah pititih khas budaya Minang Kabau yang sarat akan makna dan kaya akan nilai.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube