Headline News

header-int

4 Kapal Nelayan Sibolga Ditangkap

, 22 Februari 2010, 00:00:00 WIB - 627 | Kontributor :

PAINAN, Feb.

EMPAT Kapal Nelayan Sibolga yang tidak mempunyai izin melakukan penangkapan ikan di perairan laut Pesisir Selatan siang kemaren ditangkap Tim Pengawas Perairan Laut Pesisir Selatan yang beranggotakan dari Polres Pessel dan Dinas Perikanan dan Kelautan Pessel.

Ke empat kapal itu berikut 4 ton ikan hasil tangkapannya diamankan di Pelabuhan Penasahan Painan, sementara 25 ABK-nya terus diperiksa aparat kepolisian.

Bupati Pesisir Selatan H.Nasrul Abit kepada pesisirselatan.go.id malam tadi menjelaskan, kapal itu diperkirakan telah beroperasi melakukan penangkapan ikan secara ilegal di laut Pesisir Selatan semenjak 10 hari lalu.

"Semenjak sepekan lalu kapal itu telah kita intai. Namun ketika kita mendekat, dia keburu lari. Makanya, kemaren kita kejar dengan kapal penyergap, kapal-kapal Sibolga itu tidak bisa berkutik", kata Bupati Nasrul Abit.

Dijelaskannya, dari pemeriksaan sementara kapal Sibolga itu mempergunakan alat tangkap moroami yang ditebar diatas karang kemudian 9 orang penyelam turun kelaut menghalau ikan kearah alat tangkap yang ditebar.

Aktifitas penanggakapan ikan dengan menggunakan moroami ini dapat merusak ekosistem kehidupan dasar laut, termasuk ikan dan karang. "Dari itu pelakunya harus di proses sesuai aturan hukum yang berlaku," ungkap Narsul Abit.

Empat kapal dengan hasil tangkapan itu, sekarang sudah kita amankan di sandaran pelabuhan Panasahan Painan yang di kawal ketat oleh empat anggota kepolisian Pores Pessel sambil menunggu proses selanjutnya.

Tim gabungan yang terdiri dari Polres Pessel dan PPNS dinas DKP, saat ini juga sedang mempelajari pasal-pasal yang bisa menjerat para pelaku. "Kalau ada indikasi pemakaian putas dan alat pedak lainnya, itu sudah merupakan pelanggaran serius dan kita minta Polres mengusut tuntas", kata bupati seraya menjelaskan ikan tangkapan itu tengah diperiksa dilaboratorium.

Ikan karang yang ditangkap kapal Sibolga itu merupakan jenis ikan andalan nelayan tradisionil Pesisir Selatan sebagai mata pencahariannya. Itupun dengan mempergunakan pancing agar tidak merusak habitat dan tempat bersarangnya ikan tersebut.*( 05 ).

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube