Headline News

header-int

4 WALI NAGARI PEMEKARAN DI KECAMATAN LENGAYANG DILANTIK

, 03 Februari 2010, 00:00:00 WIB - 963 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Februari

Sebagian dana dari bantuan Pemerintah Kabupaten (DAUPN) dapat digunakan untuk melengkapi berbagai kepentingan akan kebutuhan sarana dan prasarana kantor Wali Nagari. Ini demi terwujudnya pelayanan prima kepada masyarakat dari Pemerintah nagari.

Hal itu disampaikan Bupati Pesisir Selatan H Nasrul Abit pada pelantikan empat Wali Nagari di Kecamatan Lengayang di Kantor camat Lengayang Selasa (2/2). Mereka yang dilantik yakni wali nagari Lakitan Utara, Yusli Mardan, wali Nagari Lakitan Selatan, Hasan Basri,wali Nagari Lakitan Timur, Amril KHT dan Wali Nagari Lakitan Tengah, M Yunus.

Dana tersebut kiranya hanya menjadi dana pancingan atau perangsang bagi pemerintah nagari. H Nasrul Abit berharap, wali nagari beserta Badan Musyawarah Nagari (BAMUS) kreatif untuk mencarikan sumber keuangan lainnya guna mendapatkan Pendapatan Asli Nagari (PAN) yang akan digunakan untuk keperluan pembiayaan Nagari lainnya maupun guna pembangunan kantor.

Kepada wali nagari agar dapat kiranya untuk segera memahami tugas pokok, fungsi dan kewenangan sebagai wali nagari dan sesuai dengan peraturan yang berlaku yakni Peraturan daerah (PERDA) Nomor 08 tahun 2007 tentang Pemerintah Nagari maupuan peraturan Perundang-Undangan lainnya yang berlaku.

H Nasrul Abit menyebutkan, dengan telah dicanangkan Wajib Belajar (Wajar) Sembilan tahun beberapa tahun lalu di Pesisir Selatan, maka istilah putus sekolah di Pesisir Selatan mulai dinangkan agar tidak lagi ada di kabupaten ini. Kemiskinan tidak lagi menjadi alasan bagi anak usia sekolah di Pesisir Selatan untuk tidak bersekolah.

Bagi masyakat Pesisir Selatan yang masuk kedalam Keluarga Miskin (Gakin) tetapi bukan memiskinkan diri, yang tidak mampu membiayai anaknya sekolah, Pemerintah kabupaten Pesisir Selatan membebaskan biaya sekolah bagi anaknya. *(04)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube