Headline News

header-int

Afrizon : Galakkan Pemakaian Kompos

, 21 Agustus 2010, 12:32:00 WIB - 884 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Agustus ----

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Pesisir Selatan, Ir Afrizon Nazar mengimbau masyarakat petani agar terus menggalakan pemakaian pupuk kompos (organik). Selain menghemat biaya pengolahan sampai panen, pemakaian pupuk organik sangat cocok meningkatkan kesuburan tanah lahan pertanian.

Hal itu dikatakan Afrizon ketika dihubungi pesisirselatan.go.id tadi pagi. Berbagai pupuk kompos sangat baik digunakan untuk lahan pertanian di Pessel. Maka itu gerakan pembuatan kompos jerami dan kompos lainnya perlu digalakan di Kabupaten ini.

Pupuk kompos jerami misalnya sangat berguna untuk menjawab kekurangan pupuk bagi tanaman padi akibat kelangkaan pupuk an organic yang sering kali terjadi di Pesssel. Maka itu pembuatan pupuk kompos jerami padi dijadikan sebagai program pemerintah dalam pembangunan perekonomian masyarakat bidang pertanian.

Program ini dapat membantu petani yang selama ini sulit memperoleh pupuk an organik. Kemudian mampu menekan biaya produksi sampai 50 persen. Dalam program ini juga diminta kepedulian dari Walinagari dan unsur terkait lainnya.

Bagi masyarakat petani yang ada di Pesisir Selatan penggunaan pupuk kompos jerami untuk tanaman padi perlu digalakkan secara terus menerus. Manfaat dan keuntungan yang diperoleh petani melalui penggunaan pupuk organik ini sangat banyak. Selain dapat menekan biaya tanam sampai panen hingga 50 persen, pemakaian kompos jerami juga dapat mengantisipasi kekurangan pupuk pada tanaman padi akibat kelangkaan pupuk subsidi yang terjadi selama ini di Pessel, tuturnya.

Pembuatan dan pengolahan pupuk kompos sangat mudah, biaya murah, selain itu sangat ramah lingkungan. Selama ini jerami padi pasca panen selalu dibakar.

Mulai kini kedepannya tidak lagi perlu dibakar setelah panen, tetapi manfaatkanlah untuk membuat kompos. Sehingga pencemaran udara yang timbul dari asap hasil pembakaran jeramipun dapat dihindari.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube