Headline News

header-int

Akseptor KB Baru Di Kabupaten Pesisir Selatan Melebihi Target

Selasa, 30 Juni 2020, 07:33:51 WIB - 69 | Kontributor : Marlison
Akseptor KB Baru Di Kabupaten Pesisir Selatan Melebihi Target

Pesisir Selatan-Pelayanan KB untuk 1 juta akseptor se Indonesia tingkat Kabupaten Pesisir Selatan berlangsung sukses, bahkan melebihi target.

"Kita mentargetkan akseptor KB baru 1.891 akseptor, namun realisasinya mencapai 2.198 akseptor atau 116 %," ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDPPKB) Pesisir Selatan, Wendi, SH, M.Hum, Selasa (30/6) di Painan.

Dikatakan, antusias masyarakat  Kabupaten Pesisir Selatan mengikuti program KB cukup tinggi dan petugas memberikan pelayanan maksimal.  

Disebutkan, tanggal 29 Juni 2020 diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional yang ke 27. Maka, BKKBN Pusat, Perwakilan BKKBN Provinsi dan PD KB se Indonesia menggelar pelayanan KB gratis untuk mencapai 1 juta akseptor perhari. Kabupaten Pesisir Selatan turut andil dengan capaian melebihi target. 

Hal ini tidak lain berkat dukungan Bupati Hendrajoni dan Anggota DPR RI yang juga Ketua TP PKK Pesisir Selatan, Hj. Lisda Hendrajoni yang turut mengajak warga untuk mengikuti program ini.

Disamping kerja keras seluruh petugas medis, petugas KB, Kader KB dan jajaran Dinas PMDPPKB Pesisir Selatan dan Dinas Kesehatan, prajurit TNI/Polri yang turut bekerja keras untuk mensukseskan program ini.

Ia mengungkapkan, Harganas 2020 ini dilakukan dengan berbagai kegiatan lapangan.  "Salah satunya adalah aksi 1 juta peserta KB baru diseluruh Indonesia," ujarnya.

Wendi mengakui bahwa selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pelayanan KB  berkurang namun fasilitas kesehatan tetap dilakukan.

"TFR tahun 2019,  pada angka 2,68 kita berharap kalaupun ada kenaikan tidak signifikan," ungkapnya.

Dijelaskan, TFR adalah Totality Fertilitas Rate atau angka kelahiran rata-rata. Angka 2,68 artinya seorang ibu subur melahirkan anak mendekati 3 orang.

Selama masa PSBB diduga ada kenaikan jumlah produktifitas pasangan usia subur dan peningkatan kelahiran akan berpengaruh pada angka TFR. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube