Headline News

header-int

Akurasi Data Kependudukan Pastikan Hak Masyarakat dan Tentukan Kebijakan Pembangunan

Selasa, 15 Oktober 2019, 14:55:39 WIB - 23 | Kontributor : Marlison
Akurasi Data Kependudukan Pastikan Hak Masyarakat dan Tentukan Kebijakan Pembangunan

Pesisir Selatan-Akurasi data kependudukan bertujuan untuk memastikan hak masyarakat serta menentukan kebijakan dan arah perencanaan pembangunan ke depan. Demikian dikatakan Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, S.H, M.H, Selasa (15/10).

"Karena, memiliki peranan yang sangat penting, maka akurasi data kependudukan tidak boleh diabaikan, termasuk di Kabupaten Pesisir Selatan di sendiri," katanya.

Kemudian pemerintah daerah berkomitmen mensukseskan tiga program strategis nasional bidang kependudukan dan pencatatan sipil dalam melakukan pemutakhiran data kependudukan, penerbitan nomor induk kependudukan dan penerapan KTP elektronik.

"Ya, pemerintah daerah berkomitmen mensukseskan tiga program strategis nasional bidang kependudukan dan pencatatan sipil dalam melakukan pemutakhiran data kependudukan, penerbitan nomor induk kependudukan dan penerapan KTP elektronik," tegasnya.

Dikatakan, selain memberikan jaminan terhadap masyarakat dalam mendapatkan kepemilikan data diri, perencanaan pembangunan daerah juga harus didasarkan pada data dan informasi yang akurat.

"Oleh karena itu kepada semua perangkat daerah diminta memiliki data yang akurat terhadap program yang dijalankan, dengan tujuan agar program pembangunan yang direncanakan itu sesuai dengan kebutuhan, termasuk potensi dan jumlah penduduk," katanya.

Ditambahkan, evaluasi terhadap program pembangunan yang sudah dilaksanakan akan terus ditingkatkan. Sebab, melalui evaluasi itu, kematangan terhadap program yang akan dilaksanakan termasuk yang akan dilanjutkan pada tahun berikutnya bisa tercapai.

"Program pembangunan yang sudah dilaksanakan oleh semua perangkat daerah dilakukan evaluasi secara mendalam agar berbagai kendala dan kelemahan yang ditemui bisa diantisipasi. Langkah itu dilakukan agar kematangan terhadap program yang akan dilaksanakan dan yang akan dilanjutkan pada tahun berikutnya bisa tercapai secara maksimal," ucapnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube