Headline News

header-int

Anggota DPRD Aprinal Tanjung Serap Aspirasi Warga di Kawasan Wisata

Minggu, 12 Desember 2021, 14:04:31 WIB - 349 | Kontributor : Riko Candra
Anggota DPRD Aprinal Tanjung Serap Aspirasi Warga di Kawasan Wisata

Pesisir Selatan - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pesisir Selatan (Pessel) Dapil I, Aprinal Tanjung menyerap aspirasi masyarakat terkait usulan pengaman tebing Sungai Tawa (Suta).

Saat ini, Sungai Tawa menjadi objek wisata unggulan di Nagari Koto Nan Duo. Namun, masih terdapat aspirasi masyarakat soal luapan sungai dan masuknya air laut pada kondisi tertentu yang perlu mendapat solusi dari pemangku kebijakan.

Saat debit air meningkat, maka akan menerjang pasir tebing dan memicu masuknya air laut. Untuk pengendalian itu, Aprinal mendorong pemerintah daerah melalui Dinas PSDA yang kini sudah menjadi suatu kesatuan di Dinas Pekerjaan Umum agar mengupayakan pemasangan batu jeti.

"Jadi, saat ini saya turun ke kampung-kampung dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat. Wakil rakyat itu, ya menampung aspirasi masyarakat," kata Aprinal saat mengunjungi Pantai Suta, Sabtu (11/12).

Terkait aspirasi itu, Aprinal meminta dinas terkait untuk dapat meninjau lokasi Pantai Suta secara langsung. Lalu, membuat perencanaan untuk mencari solusi agar air Sungai Tawa dapat terkontrol.

Dia berharap, sekitar pintu masuk air di Sungai Tawa sepanjang 35 meter dipasang Batu Jeti.

"Ini saya akan langsung telepon dinas  PSDA-nya. Nanti, kita akan turun kembali mendorong aspirasi warga," ujarnya.

Aprinal tidak memungkiri bahwa kemajuan objek wisata akan memberikan dampak positif terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Melalui kunjungan wisatawan, para pelaku usaha kecil dapat meraup rupiah.

Beragam kuliner dan makanan khas daerah dapat dijual di sekitar kawasan. " Wisata maju, ekonomi bergerak. Ini akan membantu daerah dalam pemulihan ekonomi di tengah melandainya Pandemi Covid-19," ujarnya.

Sebelumnya, Eka Putra, selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Suta menyampaikan aspirasi kepada Anggota DPRD Dapil I (Batang Kapas- IV Jurai).

Kata dia, di tengah ketersediaan pokok pikiran DPRD yang memiliki anggaran yang cukup besar, diharapakan dapat membantu pengembangan objek wisata di daerah itu.

"Pokoknya, kalau dapat bawa-bawa juga dana Pokir bapak itu untuk pembangunan di Pantai Suta itu ke sini. Jangan hanya terfokus di tempat yang lain," katanya.


 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube