Headline News

header-int

Artikel

, 16 Agustus 2010, 00:00:00 WIB - 512 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Indahnya Pesisir Selatan

Oleh : JUNISMAN SH

Pesisir Selatan sangat kaya potensi wisata. Garis pantai yang panjang menghidangkan keindahan yang nyaris tiada duanya di dunia. Lautan luas yang dimiliki, menyuguhkan pulau-pulau kecil yang menyimpan keindahan tiadatara. Riak-riak ombak yang tidak henti bernyanyi menghampiri landai pantai. Pokoknya keindahan itu tidak akan mengecewakan, bahkan kebetahanpun akan muncul bagi setiap pengunjungnya bila tempat itu dikelola dengan apik (baik) sebagai objek wisata.

Semua itu, selama ini bukan tidak pernah dikunjungi Wisatawan Mancanegara (Wisman) dan Nusantara (Wisnu), tetapi angkanya baru sekedar pelepas tanya. Kunjungan wisata masih berskala kecil,.belum bisa menghidupkan ekonomi masyarakat. Kontribusi terhadap masyarakat setempat belum begitu nyata. Mengapa itu terjadi ? banyak hal yang membuat begitu, mulai dari masih minimnya sarana dan prasarana penunjang yang dimiliki, sampai pada belum optimalnya promosi.

Jika dilihat dari kunjungan wisata kedaerah ini, meski terjadi peningkatan dari tahun ketahunnya, namun angka itu masih terbilang kecil. Sehingga pengembangan wisata di Kabupaten ini masih terbilang slow (lambat). Sejak beberapa setahun terakhir pergeseran angkanya ketangga naik sudah mulai agak besar. Sesuai data Dinas Pariwisata Seni dan Budaya kabupaten setempat, tahun 2007, kunjungan wisata baik Nusantara ataupun Mancanegara sebanyak 51.116 jiwa, naik dari tahun sebelumnya (2006) yang hanya 30.246 jiwa. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pertumbuhan angkanya masih jauh dari potensi yang dimiliki.

Mengingat hal itu, Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata Seni dan Budaya sejak awal tahun ini tengah gencar-gencar menjual potensi yang dimiliki tersebut keberbagai penjuru. Berbagai media sampai pada guide difasilitasi untuk mempromosikan pariwisata didaerah itu. Hampir setiap hari Dinas tersebut dengan Bidang promosi di dinasnya menjalani hari-harinya dengan berbagai kegiatan Pariwisata.

Mereka seakan tidak pernah lagi mengenal waktu senggang atau istirahat dari kegiatan. Hanya saja kegiatan itu belum banyak mengarah pada fisik atau infrastruktur penunjang pariwisata, semuanya lebih terprogram pada promosi. Misalkan, atraksi dan ivent-ivent penting lainnya seringkali diadakan. Tidak saja di Kabupaten itu, sampai keluar daerah terus diikuti. Ini tidak lain demi pencapaian target kunjungan.

Belum lama ini promosi melalaui tayangan Televisi (TV), kemudian dalam waktu yang belum lama juga, paling tidak tahun 2008 lalu telah hadir lagi sejumlah guide se Sumatera ke kabupaten ini, juga dalam rangka memprosikan Pariwisata di daerah itu. Dari kunjungan para Guide itu diharapkan mampu mengangkat taraf kunjungan wisata Pesisir Selatan kedepannya dengan promosi wisata yang akan dilakukan kemata calon Wisman.

Dengan terjadinya peningkatan kunjungan wisata diharapkan berdampak posistif pada perekonomian masyarakat Kabupaten itu, sesuai dengan tujuannya untuk mempromosikan Pariwisata daerah itu ke Mancanegara demi peningkatan angka kunjungan wisata.

Banyak kalangan dari masyarakat Pesisir Selatan mengatakan, kedatangan guide itu sangat baik demi majunya Pariwisata di daerah ini. Jika perlu jalin hubungan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten melalui Dinas terkait dengan Guide itu. Tidak ada ruginya, memberikan reward (bonus) kepada mereka (guide) yang berhasil menarik kunjungan wisata terbanyak ke daerah ini. Bertambahnya angka kunjungan wisata ke Pesisir Selatan merupakan sebagian dari hasil usaha mereka dalam mempromosikan Pariwisata daerah ini ke mata dunia. Maka itu, pantas saja diberikan bonus kepada mereka yang berjasa.

Potensi wisata yang dimiliki Pesisir Selatan memang sangat luas dan melimpah. Namun selama ini belum terkelola secara professional. Karena, selain belum tersedianya sarana dan prasarana yang memadai untuk pemancing kunjungan wisata, tenaga handal yang diharapkan untuk memacu perkembangan pariwisata itu juga belum dimiliki Kabupaten tersebut. Objek wisata alam dan bahari yang sangat berpotensi untuk dikembangkan, hanya mengendap, tidak kunjung maju dan perkembangannyapun belum terlihat. Meski ada, namun belum begitu dahsyat.

Perkembangan Pariwisata Pesisir Selatan berjalan, tapi slow (lambat). Ini dapat dilihat pada akses Pariwisata yang masih terbatas. Infrastruktur penunjang Pariwisata yang dimiliki Kabupaten ini masih belum memadai. Sehingga pengunjung wisata belum merasakan adanya ketenangan. Sedangkan konsep promosi dari dinas terkait selama ini juga masih belum menarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini. Maka itu untuk memperlaju jalan tersebut, semuanya terlebih dahulu harus dibenahi. Dinas Pariwisata kedepannya agar melakukan grand designs. Tradisi daerah harus ditampilkan dan nyali harus diperkuat.

Kesenian-kesenian tradisional juga tidak kalah daya tariknya bagi wisatawan untuk berkunjung kedaerah wisata. Selama ini, hal tersebut juga nyaris tertinggalkan sehingga tidak muncul dipermukaan. Ini juga harus dibangkitkan dan digalakkan kembali, seperti Rabab Pasisie, luka gilo dan kesenian tradisional Pessel lainnya.---(04)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube