Headline News

header-int

ASN Pemkab Pessel Goro Bersihkan Lingkungan Dan Fasilitas Umum

Jumat, 04 Oktober 2019, 09:34:03 WIB - 86 | Kontributor : Marlison
ASN Pemkab Pessel Goro Bersihkan Lingkungan Dan Fasilitas Umum

Pesisir Selatan-Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melakukan goro membersihkan lingkungan dan  fasilitas umum seperti kantor, sekolah, instansi vertikal, ruas jalan dan lainnya, Jumat (4/10).

Bupati Pessel, Hendrajoni, SH, MH mengapresiasi pelaksanaan goro yang melibatkan seluruh ASN itu. Kegiatan tersebut merupakan salah bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Diharapkan, goro itu menjadi kegiatan rutin yang dikemas dalam giat pembinaan gerakan bersih. Ke depan pemkab terus menggerakan aparatur pemerintah dan masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan dan fasilitas umum.

"Kita mendorong seluruh aparatur serta elemen masyarakat agar melakukan pembersihan dan pembenahan lingkungan perkantoran baik milik pemerintah maupun swasta, sekolah, tempat ibadah, lingkungan permukiman, drainase dan fasilitas umum lainnya," ungkap bupati.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pessel, Dr.Jumsu Trisno mengatakan, kepedulian ASN dan semua elemen yang ada di di daerah untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat perlu ditingkatkan.

"Kita juga terus melakukan sosialisasi kepada seluruh ASN dan elemen masyarakat akan pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat melalui giat pembinaan gerakan bersih," jelasnya.

Selain itu pihaknya juga mengoptimalkan Program Kampung Iklim (Proklim) yang merupakan salah satu upaya mengurangi dampak buruk atas perlakuan lingkungan sehingga diharapkan aktifitas masyarakat lebih pro lingkungan.

"Jadi sebetulnya, kepedulian terhadap lingkungan mestinya tumbuh secara sadar dari individu. Sikap inilah yang kemudian secara simultan dapat menyelamatkan lingkungan dari dampak buruk, seperti polusi udara, air atau menurunnya fungsi sumberdaya alam," tukasnya.

Ia mengungkapkan, penumbuhan kesadaran bagi pemeliharaan lingkungan butuh waktu dan energi, karena perlu upaya advokasi dan inisiasi dari berbagai pihak, tidak saja pemerintah tetapi juga masyarakat dan komunitas peduli lingkungan.

"Dengan meningkatnya pemahaman masyarakat terhadap perubahan iklim, maka semua pihak akan terdorong untuk melaksanakan aksi yang dapat memperkuat ketahanan masyarakat," ucapnya. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube