Headline News

header-int

Aspirasi Masyarakat Harus Ditampung

, 13 Oktober 2014, 00:00:00 WIB - 205 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Padek--Harapan dan keinginan masyarakat sangat beragam apalagi potensi yang dimiliki daerah ini sangat banyak  banyak aspirasi yang berkembang di masyarakat dan itu perlu direspon dan ditindaklanjuti bersama pemerintah daerah. Baik itu persoalan infrastruktur, pendidikan dan kesehatan dan lainnya yang  masih menjadi keluhan masyarakat.

Guna menampung aspirasi masyarakat itu anggota DPRD mesti turun ke daerah pemilihan (Dapil) untuk menampung berbagai  ispirasi. Hal ini yang dilakukan oleh  Anggota DPRD Pesisir Selatan, Afrinal Tanjung ketika melakukan Reses ke Dapil-nya (IV Jurai-Batang Kapas), Kamis (9/10). yang dipusatkan di Nagari Salido, Kecamatan IV Jurai  dihadiri camat, walinagari, KAN, niniak mamak, tokoh masyarakat, bundo kanduang dan pemuda.

Menurut Afrinal, reses merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan setiap anggota DPRD. Dalam hal ini, mereka tidak akan tahu persoalan masyarakat kalau tidak mendekati masyarakat sebagai konstituen "Salah satu fokus aspirasi adalah pembangunan,baik itu instrastruktur maupun pembangunan ekonomi,sosial dan budaya," ujarnya

Dijelaskan, melalui Reses banyak informasi serta aspirasi yang disampaikan masyarakat. Sebagaimana di Kecamatan IV Jurai, dimana kecamatan ini memiliki potensi di sektor pariwisata, kelautan dan perikanan, perkebunan dan peternakan.

Setiap aspirasi yang muncul dari berbagai elemen masyarakat ditampung dan dibahas pada tingkat kabupaten dengan pemerintah daerah melalui SKPD terkait.

"Sebagai Anggota DPRD, saya punya tanggungjawab moral memperjuangkan setiap aspirasi masyarakat. Makanya, masyarakat tidak perlu ragu menyampaikan aspirasi, komunikasi dengan seluruh elemen masyarakat mesti tetap dipelihara. Karena merupakan kunci dalam pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya

Kegiatan ini juga dilakukan oleh seluruh anggota DPRD Pessel yang ingin  meminta masukan masyarakat soal pembangunan  yang belum rampung. dan yang akan dilaksanakian

" Kami akan tuntaskan  usulan-usulan masyarakat, baik soal pembangunan  fisik, dan pembangunan sektor lain . Sehingga, hasil pembangunan di semua sektor bisa dinikmati  oleh semua lapisan masyarakat,ujarnya lagi

Pada acara itu juga menghadirkan  SKPD terkait seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pertanian, Dinas Keluatan dan Perikanan serta Kantor Lingkungan Hidup. (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube