Headline News

header-int

Atraksi Menyusuri Dam Terowongan Air Di Nagari Salido Sari Bulan Makin Diminati Wisatawan

Senin, 01 November 2021, 12:08:59 WIB - 593 | Kontributor : Marlison
Atraksi Menyusuri Dam Terowongan Air Di Nagari Salido Sari Bulan Makin Diminati Wisatawan

Pesisir Selatan-Wisatawan kini sudah bisa menikmati wisata alam Nagari Salido Sari Bulan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan dengan melakukan atraksi menyusuri dam terowongan air yang cukup menantang menggunakan pelampung. 

Para wisatawan yang ingin menguji nyali menyusuri terowongan air atau disebut juga oleh warga setempat mandi basianyuik (Tubing) itu akan dipandu oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Sarasah Kamumuan Nagari Salido Sari Bulan.

Ketua Pokdarwis Sarasah Kamumuan Nagari Salido Sari Bulan, Yudha didampingi Anggota, Apen Boy dan Indra, Senin (1/11) mengatakan, menyusuri terowongan air sepanjang 3 kilometer dengan menggunakan pelampung dan decker pelindung itu memiliki sensasi dan keunikan tersendiri. 

"Bahkan, atraksi air tersebut bisa menguji nyali wisatawan. Di samping itu, wisatawan bisa menikmati panorama alam yang asri Nagari Salido Sari Bulan. Kemudian juga ada destinasi lain yaitu jembatan pelangi. Kini di lokasi jembatan tersebut juga ditanam berbagai jenis bunga," ungkapnya.

Dikatakan, dam terowongan atau disebut juga 'polongan kalam' oleh masyarakat setempat di Nagari Salido Saribulan, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan itu merupakan peninggalan zaman Belanda.

Menurutnya, bangunan yang masih kokoh tersebut, dimana airnya dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). "Tak hanya itu, ada juga objek wisata batu 'Nona' konon katanya diduduki oleh nyonya Belanda. Peninggalan lain juga ada jenjang seribu," ucapnya.

    
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube