Headline News

header-int

Balimau Paga Dilaksanakan Di Nagari Limau Gadang Lumpo

Selasa, 30 April 2019, 14:03:40 WIB - 1388 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Balimau Paga Dilaksanakan Di Nagari Limau Gadang Lumpo

Pesisir Selatan- Tradisi balimau paga setiap tahun menjelang masuk Ramadhan masih tetap dilaksanakan dibeberapa nagari di Pesisir Selatan. Seperti Balimau Paga yang nantinya akan dilaksanakan di Kenagarian Limau Gadang Kecamatan IV Jurai Painan pada Minggu (5/5) mendatang. 

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Hadi Susilo Selasa(30/4) mengungkapkan kegiatan balimau setiap tahun dilaksanakan namun pada tahun ini kegiatan lebih akbar karena diisi dengan kegiatan tradisi kesenian  dan tradisional lainnya . Direncanakan akan dihadiri oleh Bupati Pessel Hendrajoni dan Forkopinda.

Dimana semua unsur perwakilan nagari akan berperan memeriahkan kegiatan tahunan ini .Dimana nantinya limau yang menjadi simbol Balimau Paga akan diarak keliling nagari dan nantinya akan dilakukan pemakaian limau oleh yang hadir 

"Kita sengaja mengadakan kegiatan Balimau Paga ini secara akbar ,sebagai rasa syukur dan  bentuk mempertahankan tradisi yang memang sudah mulai ditinggalkan . Sebab selama ini Balimau banyak disalah artikan dan lebih mengarah pada hura hura. Maka dengan Balimau Paga ini nantinya para generasi muda bisa ikut berpartisipasi dan ikut melestarikan nya ," ujarnya 

Mengungkapkan Balimau Paga merupakan bagian dari adat yang harus dilestarikan dan dipertahankan agar tidak hilang dan diperngaruhi oleh perkembangan zaman, karena tujuannya adalah untuk membersihkan diri, khusus dalam rangka memasuki bulan suci Ramadhan dengan harapan diri yang bersih dan suci amal ibadah selama ramadan akan di diterima oleh Allah SWT.

“Diharapkan dengan kegiatan balimau paga ini bisa menanamkan kepada masyarkaat terkait pelestarian kesenian dan mempertahankan tradisi .Jangan jadikan kegiatan ini sebagai kegiatan seromonial belaka namun juga sebagai mempererat tali silaturahmi dan saling memaafkan menjelang memasuki bulan suci ramadan " ujarnya 

Menambahkan Balimau adalah tradisi mandi menggunakan jeruk nipis yang berkembang di kalangan masyarakat Minangkabau dan biasanya dilakukan pada kawasan tertentu yang memiliki aliran sungai dan tempat pemandian.Ini  diwariskan secara turun temurun, tradisi ini dipercaya telah berlangsung selama berabad-abad.

Latar belakang dari balimau adalah membersihkan diri secara lahir dan batin sebelum memasuki bulan Ramadan, sesuai dengan ajaran agama Islam, yaitu menyucikan diri sebelum menjalankan ibadah puasa. Secara lahir, mensucikan diri adalah mandi yang bersih. Zaman dahulu tidak setiap orang bisa mandi dengan bersih, baik karena tak ada sabun, wilayah yang kekurangan air, atau bahkan karena sibuk bekerja maupun sebab yang lain. Saat itu pengganti sabun di beberapa wilayah di Minangkabau adalah limau (jeruk nipis), karena sifatnya yang melarutkan minyak atau keringat di badan.

"Kita berharap dengan tradisi ini bisa mempererat tali silaturahmi kita sesama umat muslim dan dalam kehidupan bermasyarakat ," ujarnya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube