Headline News

header-int

Bangkai Kapal MV Boelongan Nederland Di Kawasan Mandeh Spot Menarik Untuk Pecinta Selam

Senin, 28 September 2020, 10:20:35 WIB - 111 | Kontributor : Riko Candra
Bangkai Kapal MV Boelongan Nederland Di Kawasan Mandeh Spot Menarik Untuk Pecinta Selam

Kawasan Mandeh saat ini merupakan kawasan wisata unggulan di  Kabupaten Pesisir Selatan dengan jenis wisata yang ditawarkan adalah wisata  bahari. Hal tersebut dikarenakan  kawasan  ini  mempunyai  banyak  sebaran  pulau,  teluk,  dan  tanjung berpanorama  indah yang dapat menarik para wisatawan.  

Selain itu, Kabupaten Pesisir Selatan memiliki banyak spot menarik bagi anda yang memiliki hobi menyelam, selain memiliki terumbu karang yang indah salah satu spot menarik untuk menyelam yakni bangkai kapal MV Boelongan Nederland yang karam dilautan Kawasan Teluk Mandeh.

Panjang bangkai kapal diketahui 74 meter dengan lebar bagian tengah 11 meter, lebar buritan 13 meter, lebar haluan 10 meter dan tinggi 8 meter, berada dikedalaman 20 hingga 25 meter.

Hanya memakan waktu sekitar 15-30 menit dari dermaga Carocok Tarusan menggunakan kapal mesin tempel, maka anda sudah sampai didestinasi selam yang bagus dan memiliki nilai sejarah.

Konon ceritanya kapal legendaris tersebut merupakan kapal untuk mengangkut orang demi kepentingan Belanda dimasa itu, kapal MV Boelongan Nederland karam di perairan Teluk Mandeh setelah dibombardir oleh tentara Jepang pada 1942.

Namun saat ini bangkai kapal MV Boelongan Nederland itu sudah menjadi daya tarik wisatawan khusus memiliki hobi selam dan telah menjadi salah satu spot diving terbaik di Taman Laut Mandeh.

Kendati demikian, seluruh pengunjung maupun penyelam harus didampingi oleh instruktur selam yang sudah memiliki jam terbang tinggi dan bersertifikat serta mengerti kondisi kawasan tersebut.

Jika ingin mencobanya dan penasaran dengan spot selam tersebut, Anda yang datang dari Kota Padang membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan menuju Dermaga Cerocok. Sampai di sana, Anda bisa menyewa kapal milik warga untuk menuju spot penyelaman yang indah.
 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube