Headline News

header-int

Banjir Bandang hantam satu buah jembatan gantung penghubung dua kampung

Sabtu, 23 Feb 2019, 10:53:04 WIB - 121 | Kontributor : Mario Rosy
Banjir Bandang hantam satu buah jembatan gantung penghubung dua kampung

Pesisir Selatan, 23 Februari 2019 - Derasnya hujan di daerah hulu Sako Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Jum' at (22/2) pukul 16.00 Wib membuat banjir bandang menghantam satu buah jembatan gantung ( buai) penghubung ke dua kampung Tanjung Gobah Kenagarian Kampung Tengah di Nagari Kubu Tapan, terputus. (23/3)

Hujan turun dari pukul 14.00 Wib hingga berita ini diturunkan, membuat air kiriman ke sungai Batang Tapan ini menghantam besi penyangah jembatan, hingga membuat kondisi jembatan miring dan nyaris ambruk.

Jembatan buai di bangun sejak tahun 2003 melalui program PNPM ini, tidak bisa dilalui warga untuk mengangkut hasil perkebunan, seperti sawit, jagung dan padi. 

Camat Ranah Ampek Hulu Tapan Mar Alamsyah ketika dihubungi  membenarkan adanya banjir di sungai Batang Tapan, Kecamatan Rohul, Kabupaten Pessel. Debet air kiriman dari hulu sako Tapan, membuat air tinggi dan membuat besi penyangah jembatan gantung di dua kampung Tanjung Gobah Kenagarian Kampung Tengah di Nagari Kubu Tapan, terputus.

" jembatan ini jalan akses alternatif warga di wilayahnya untuk menuju dua kampung," terang Mar Alamsyah.

Alamsyah menuturkan, jembatan gantung ini merupakan akses alternatif warga yang berjarak kurang lebih 4 Km, dibandingkan harus melewati jalam utama sejauh kurang lebih 7 Km. Dan, jembatan tersebut bisa dikatakan akses penting bagi warga di wilayahnya.

Dan, atas kejadian ini pihaknya telah melaporkan ke Pemerintah Daerah melalui Perangkat Daerah terkait. Kata Camat Rohul.

" Dalam waktu dekat ini akan dibangun, karena PD terkait telah turun kebawah," tegas Mar Alamsyah.

Mar Alamsyah tetap menghimbau kepada warganya berada disepanjang sungai batang Tapan, ada kurang lebih 20 rumah yang ada di sepanjang aliran sungai Batang Tapan tetap waspada, karena hujan sampai sore ini masih turun. 

Sementara itu Bupati Pessel H.Hendrajoni telah mengintruksikan perangkat daerahnya, seperti BPBD dan PSDA Pessel untuk membangun jembatan melalui anggaran tanggap darurat. (01).

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube