Headline News

header-int

Bantuan Rumah Rusak Ringan Gempa Tahun 2007 Dikucurkan

, 23 April 2010, 00:00:00 WIB - 526 | Kontributor :

Painan, April

Bantuan gempa tahun 2007 untuk rumah rusak ringan yang ditunggu-tunggu sejak lama oleh korban yang berhak menerima di Pesisir Selatan, mulai dikucurkan Pemerintah Kabupaten setempat. Pencairan perdana dilakukan di Kecamatan Bayang Utara secara simbolis oleh Bupati Pesisir Selatan, H Nasrul Abit Jumat (23/4). Bantuan akan dicairkan melalui Bank Pembangunan Rakyat (BPR) terdekat di masing-masing kecamatan.

Bupati Pesisir Selatan, H Nasrul Abit dalam sambutannya mengatakan, proses pencairan dana korban gemba bumi tahap 3 tersebut memang agak terlambat, karena dana tahap tiga baru masuk ke kas daerah tanggal 10 Maret 2010.

Total dana yang akan disalurkan untuk korban yang rumahnya mengalami rusak ringan di Kabupaten ini sebesar 63 Milyar. Khusus bagi korban di Kecamatan Bayang Utara diserahkan kepada sebanyak 60 KK korban gempa 2007. Dari BPR dana akan dicairkan ke rekening masing-masing kelompok penerima. Untuk korban di Bayang Utara dana dicairkan pada tiga kelompok untuk 60 KK.

Besaran bantuan pada masing-masing KK tergantung pada kerusakan, yang mana sebelumnya telah diverifikasi oleh Dinas PU Pesisir Selatan. Untuk korban gempa rumah rusak ringan, bantuan paling tinggi diberikan sebanyak Rp5 juta. Nilai kerusakan lebih dari Rp5 juta sesuai verifikasi bantuan juga diberikan Rp 5 juta.

"Bantuan tidak mutlak harus lima juta rupiah kepada masyarakat (korban), tetapi sesuai dengan kerusakan. Penghitungan kerusakan sesuai verifikasi dilakukan oleh tim tekhnis dari Dinas PU. Maka itu nilai bantuan sesuai dengan kerusakan yang yang telah dihitung tim tekhnis", ungkap H Nasrul Abit didampingi Kepala PU Pessel Ichsanusataruddin.

Sementara pencairan bantuan untuk korban di kecamatan lain akan diserahkan sesuai skedul dan jadwal yang telah ditentukan (ada). Dengan demikian H Nasrul Abit mengimbau masyarakat penerima bantuan di Pesisir Selatan yang telah terdata dan diverifikasi oleh tim tehknis supaya bersabar menjelang dana dicairkan. Bagi masyarakat penerima bantuan, diingatkan agar mempergunakan dana tersebut untuk keperluan memperbaiki rumahnya yang terkena gempa.

Turut hadir dalam penyerahan secara simbolis bantuan gempa 2007 di Bayang Utara Kepala Dinas PU Pessel, Ichsanusataruddin, Kapolres Pesisir Selatan Hj Rosmita, Dandim 0311 Letkol Inf Setia Jiwa,Wakil Ketua DPRD Iswandi Latief, Kepala Bank Nagari Cabang Painan Jon Effendi, Camat Bayang Utara Irjal SE, Kepala Kesbangpoldanlinmas Suardi S. (04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube