Headline News

header-int

Bantuan Sosial dan Hibah, By Name By Adress

, 25 Februari 2013, 01:55:00 WIB - 395 | Kontributor :

Painan, Februari ----

Bantuan Sosial dan Hibah yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2013 dan tahun 2012 menggunakan prosedur by name by adress, artinya nama dan alamat penerima bantuan sosial dan hibah sudah tertera jelas dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran dan tidak ada kesempatan untuk menaikkan nama dan alamat baru dalam DPA.

Kepala Bagian Sosial, Zulkifli kepada media ini menjelaskan bahwa sejak keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri No 32 tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber Dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah dan diubah dengan Permendagri No 39 Tahun 2012 tentang hal yang sama.

"Bansos dan Hibah sudah diajukan sebelum tahun berjalan artinya, anggaran 2013 sudah diajukan pada tahun 2012 dan tidak bisa serta merta jika ada bantuan masuk 2013 dan dibayar 2013 kecuali untuk keadaan tertentu seperti bencana alam" ujar Zulkifli mantan Camat Batang Kapas itu.

Namun menurutnya, tetap saja ada individu dan kelompok tertentu yang mengajukan proposal kemudian minta dibayar segera, sementara tidak ada satu celahpun yang dapat memberi peluang kepada yang mengajukan proposal tersebut untuk bisa direalisasikan. "tidak ada aturan yang membolehkan proposal bisa dibayar pada saat diserahkan ke Pemda" jelas Zulkifli.

Sebelum aturan diatas dikeluarkan memang pembayaran banson dan hibah lebih simple bahkan setiap yang mengajukan proposal bisa dibantu sesuai dengan arahan pimpinan. Namun sejak peraturan dikeluarkan terkait hibah dan bansos tersebut maka peluang itu tertutup sama sekali. "sejak ada aturan pengetatan dari Kementerian Dalam Negeri memang semuanya berubah dan tidak bisa lagi dana bansos dan hibah digunakan tanpa ada usulan sebelumnya" paparnya.

Namun untuk kepentingan mendesak seperti bencana alam dan bencana sosial ada ruang khusus yang dibuat sedemikian rupa sehingga ada celah untuk keperluan kebijakan tersebut. (06

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube