Headline News

header-int

Bawaslu Perkuat Pengawasan Pemilu Dengan Babiola

Senin, 09 Desember 2019, 19:59:37 WIB - 55 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Bawaslu Perkuat Pengawasan Pemilu Dengan Babiola

Painan - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat memperkuat sosialisasi pengawasan pemilu 2020 melalui alat musik Babiola yang merupakan alat musik tradisional asal daerah setempat.

"Biasanya melalui alat musik babiola disampaikan cerita-cerita yang melegenda, namun hari ini disampaikan aturan-aturan seputar pemilu," kata Ketua Bawaslu Pesisir Selatan, Erman Wadison pada acara sosialisasi Program Pengembangan Pengawasan Partisipatif Melalui Sarana Kebudayaan di salah satu hotel di Painan, Senin (9/12).

Dengan alat musik Babiola pihaknya berharap pesan-pesan pengawasan yang disampaikan lebih mudah dicerna masyarakat.

Ia menambahkan, pengawasan pemilu melalui sarana kebudayaan tidak hanya dilaksanakan di Pesisir Selatan namun juga di daerah lain di Indonesia.

"Khusus di Sumatra Barat masing-masing kabupaten/kota juga melakukan hal serupa, karena di Pesisir Selatan terdapat alat musik Babiola makanya kami langsung mencobanya," kata dia.

Hasil dari sosialisasi ini, selanjutnya akan disampaikan ke Bawaslu provinsi dan jika disetujui alat musik Babiola akan menjadi bagian dari sosialisasi kedepan.

Sosialisasi tersebut dihadiri berbagai unsur terkait mulai dari perwakilan Pemkab Pesisir Selatan, Polri, LSM, organisasi masyarakat dan media massa.

Guna menyukseskan perhelatan pilkada, pihaknya mengaku, akan membuka ruang bagi masyarakat yang memiliki kepedulian untuk menyampaikan laporan, pengaduan dan informasi terhadap berbagai pelanggaran yang terjadi.

"Hal itu kami lakukan agar terlaksananya pemilihan umum yang jujur, adil, langsung, umum dan rahasia sesuai dengan ketentuan," katanya.  

Bentuk alat musik Babiola hampir sama mirip dengan Biola pada umumnya, hanya saja ketika dimainkan Babiola memiliki komposisi nada tersendiri tergantung pemainnya.

Termasuk lagu yang dibawakan juga begitu, ada yang bercerita mengenai tokoh yang melegenda, suka cita dalam kehidupan dan lain sebagainya.

Perbedaan mencolok terlihat pada saat alat musik dimainkan, Biola dimainkan oleh violinis dalam keadaan duduk atau berdiri, dan memposisikannya di bahu. Sementara Babiola dimainkan dalam keadaan bersila dan alat musik tersebut disangga dengan kaki.

Pada beberapa kesempatan alat musik Babiola juga diiringi dengan alat musik lainnya, seperti rebana dan tamborin.

 


 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube