Headline News

header-int

Bawaslu Pessel Temukan Ratusan Pemilih Ganda

Senin, 19 Oktober 2020, 10:16:33 WIB - 456 | Kontributor : Okis Mardiansyah
Bawaslu Pessel Temukan Ratusan Pemilih Ganda

Pesisir Selatan - Hingga kini, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia (RI) menemukan sebanyak 601 data pemilih ganda dalam proses rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar).

Plh Ketua KPU Pesisir Selatan, Medo Patria, membenarkan hal tersebut, data ganda temuan Bawaslu RI itu disampaikan saat pleno DPT tingkat kabupaten. Menurutnya, saat ini sudah dilakukan pencoretan, dan hanya tinggal renvoi (perbaikan) di tingkat PPK.

"Ya, diserahkan sebanyak 601 nama. Tapi, yang betul-betul ganda itu hanya 357 karena selebihnya sudah diperbaiki pada pleno-pleno sebelumnya," ujarnya pada wartawan di Painan, Minggu (18/10).

Ia menyebutkan, data pemilih yang tidak memenuhi syarat (TMS) berdasarkan hasil pengecekan Bawaslu itu, tersebar di 14 kecamatan dan saat ini sudah mulai dilakukan renvoi (perbaikan) jumlah data di tingkat PPK untuk menyinkronkan dengan data kabupaten.

"Benar, tersebar di 14 kecamatan kecuali Bayang Utara. Data (hasil temuan) Bawaslu itu ganda antar kecamatan dan tersebar semuanya," katanya.

Sementara itu, Koordinator Devisi Pengawasan Hubungan Antar Lembaga, Bawaslu Pessel, Syafrijal Chan menyebutkan, adanya temuan data ganda di Pilkada tersebut, diketahui Bawaslu RI melalui pengecekan NIK, nama dan tanggal lahir dari data yang dikirim Bawaslu kabupaten.

"Kebanyakan dari pemilih ini tidak melaporkan pindah kependudukannya. Tentu berpengaruh pada data pemilih," tuturnya.

Saat ini, kata dia, hasil temuan Bawaslu RI tersebut sudah ditindaklanjuti oleh KPU Pessel ke tingkat kecamatan. Sebab, hanya tinggal perbaikan di kecamatan saja, karena sebelumnya sudah diperbaiki melalui pleno KPU kabupaten.

"Jadi, hanya tinggal renvoi di tingkat kecamatan saja. Sebab, di tingkat kabupaten sudah diperbaiki saat pleno," ucapnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan, telah menetapkan jumlah pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada 2020 sebanyak 338.912. Namun data itu, bertambah 1.010 pemilih dari Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang sebelumnya hanya 337.902. (15)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube