Headline News

header-int

Belum Memiliki IPAL, Rusunawa Painan Tidak Bisa Tampung Pasien Positif Covid-19

Selasa, 03 Agustus 2021, 20:11:56 WIB - 1108 | Kontributor : Yoni Syafrizal
Belum Memiliki IPAL, Rusunawa Painan Tidak Bisa Tampung Pasien Positif Covid-19

Pesisir Selatan--Belum tersedianya sarana Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), menjadi salah satu kendala rencana pemerintah kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan (Pessel) untuk menjadikan rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) yang terdapat di Kampung Muaro, Nagari Painan Selatan sebagai tempat alternatif perawatan pasien positif Covid-19 gejala sedang bisa tercapai.

Wakil Bupati Pessel, Rudi Hariyansyah, mengatakan kepada pesisirselatan.go.id Selasa (3/8) pembuangan limbah medis merupakan salah satu syarat utama yang harus dimiliki jika Rusunawa yang terdapat Kampung Muaro ini dijadikan sebagai tempat alternatif perawatan pasien positif Covid-19. 

"Karena kondisi itu, sehingga rencana untuk menjadikan Rusunawa ini sebagai tempat alternatif perawatan pasien positif Covid-19, terpaksa belum bisa dilakukan," katanya. 

Diungkapkannya bahwa Rusunawa tersebut dalam kondisi saat ini  semestinya perlu memiliki IPAL.

“Pemerintah daerah perlu mewaspadai soal limbah medis, karena  dapat membahayakan jika dibuang secara sembarangan. Sebab bila itu diabaikan, nantinya  juga dapat bermuara pada hukum. Makanya perlu dikelola dan didukung dengan fasilitas yang memadai,” ujarnya.

Terkait kondisi itu, Rudi Hariyansyah, merencanakan  merencanakan Rumah Sakit (RS) Pratama Tapan sebagai alternatif untuk menampung pasien Covid-19.

"Karena berada di daerah bagian selatan, sehingga RS Pratama Tapan ini bisa dijadikan sebagai penampung pasien Covid-19 yang berasal dari daerah selatan pula. Ini tentu merupakan harapan bagi masyarakat agar mereka tidak perlu jauh ke Painan untuk mendapatkan perawatan," ucapnya.

Ditambahkannya bahwa saat ini RS Pratama Tapan memang sudah dimanfaatkan sebagai tempat isolasi dan perawatan pasien positif Covid-19, dengan 16 tempat tidur pada 8 ruangan yang ada.

“Di RS Pratama Tapan ini, kita juga tengah mempersiapkan tenaga dokter untuk menangani pasien Covid-19. Berapa jumlah dokternya, saya masih belum tahu, tapi yang jelas dokter yang menangani nanti, ada dokter paru dan spesialis penyakit dalam,"  tutupnya. (05)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube