Headline News

header-int

Berwisata Ke Kawasan Wisata Di Pessel Dengan Protokol Kesehatan

Senin, 11 Januari 2021, 15:09:12 WIB - 28 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Berwisata Ke Kawasan Wisata Di Pessel Dengan Protokol Kesehatan

Pesisir Selatan-- Kabupaten Pesisir Selatan(Pessel), merupakan salah satu daerah  yang kaya dengan potensi alam wisatanya. Tak heran,tingginya animo  pengunjung dari berbagai daerah menjadikan Kabupaten Pesisir Selatan ( Pessel), salah satu tujuan wisata di Sumbar, terutama dalam menyambut  libur Natal danTahun Baru 2021.

Dalam mewujudkan  wisata  tetap merasa aman dan nyaman pada pandemi covid-19 saat ini, sudah seharusnya  masyarakat mematuhi Peraturan Daerah (Perda) Provinsdi Sumbar, tentang Adaptasi Kebiasaan Baru(AKB) dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid 19. Hal ini dilakukan untuk keselamatan diri sendiri, keluarga dan lingkungan masyarakat agar terhindar dari ancaman bahaya covid-19 mematikan tersebut.

Kekhuwatiran terhadap  penularan penyebaran virus Corona tersebut cukup beralasan, terutama masih banyak dikalangan masyarakat yang membandel serta tidak mengindahkan protokol kesehatan(prokes). Maka, kondisi inilah  yang dapat memicu  penyebar penularan virus covid di daerah ini, masalah ini juga akibat masarakat tidak lagi peduli terhadap kesehatan,bahkan sikap prilaku tersebut  dapat menimbulkan claster baru penularan virus yang membahayakan tersebut.

"Pemerintah Kabupaten(Pemkab)  Pessel, melalui Tim gabungan penegakan hukum Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Nomor 6 tahun 2020, tentang Adaptasi Kebiasaan Baru(AKB) proaktif  secara rutin memberikan sosialisasi kepada masyarakat  tentang bahaya  covid-19 yang mematikan tersebut," kata Sekretaris Satgas Covid -19 Pesisir Selatan ( Pessel), Dailipal di Posko  Satgas Covid di gedung PCC Painan Senin (11/1).

Ia menyebutkan, penerapan protokol kesehatan(prokes)dengan ketat tersebut tidak saja untuk kepentingan  wisatawan, namun juga untuk pemandu  dan masyarakat disekitar kawasan wisata  seperti, wisata  Mandeh,  wisata pantai Carocok Painan, Air terjun Timbulan, Jembatan akar dan Air terjun Bayang Sani dan Puncak Bukit Langkisau Painan.

Penerapan prokes tersebut  tidak hanya sebatas pengunaan masker dan  menjaga jarak  serta  mencuci tangan, namun juga dilakukan untuk membatasi jumlah  penumbang kapal wisata,   dan membatasi kunjungan masyarakat Lanjut Usia (lansia)  dan lainnya di kawasan wisata pantai di daerah ini.

Menurut Dailipal, kunjungan  masyarakat ke kawasan wisata Pessel sejak April  2020 sudah mulai anjlok( berkurang). Hal ini memberikan imbas terhadap keterpurukan ekonomi masyarakat,terutama para pengusaha, baik dalam sektor Parawisata,pertanian, pekerbukan, perdagangan dan prikanan dan sektor lainnya. Akibat anjloknya wisatawan yang datang ke Pessel ekonomi masyarakat semakin terpuruk,ulasnya.

Dimana Kawasan Wisata Bahari Terpadu ( KWBT) Mandeh terletak di Kecamatan Koto XI Tarusan Pessel memiliki alam pergunungan yang mempesona, pantainya  yang indah diapit oleh  pulau-pulau yang  menjejar ditengah laut,kawasan wisata ini  mampu mengalahkan kawasan wisata yang ada di pantai Kuta dan Pantai Sanur di Pulau Dewata Bali,serta memiliki potensi alam  yang dapat mengundang perhatian wisatawan dalam memafaatkan waktu  senggang berlibur dengan kata lain,” Big Holiday, di daerah ini.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata  Pemuda dan Olahraga  Pesisir Selatan, Hadi SusiloSenin(11/1)menjelaskan, bagi wisatawan  yang menikmati kawasan wisata ini akan dapat menikmati keindahan trumbu karang bawah laut dengan ikan hias yang dapat membuah anda puas berkunjung ke daerah ini. Di kawasan ini juga terdapat objekwisata kelas dunia  yakni, menyaksikan bangkai  kapal MV Boeloengan milik belanda yang diperkirakan tenggelam  se4telah dibombardir tentara Jepang di Era perang dunia ke II sekitar 1942, banhkai ini berada dikedalaman se4kitar 20 sampai 25 meter dari permukaan laut.

Berdasarkan indentifikasi dari Kementrerian Kaluatan dan Prikanan, Kapal tersebut diketahui  memiliki lebar bagian tengah 11 meter, lebar buritan 13 meter, lebar Haluan 10 meter, tinggi delapan meter dan panjang 74 meter. Kapal tersebut dididesain pada 1915 sebagai kapal transfortasi bermesin diesel sepanjang 72,6 meter.

Pemerintah daerah melalui  Bupati Pessel dan pemerintah provinsi Sumbar telah membuktikan, kawasan wisata Mandeh merupakan salah satu wisata  andalan di Pessel,Maka tak heran berbagai fasilitas pembangunan terus ditingkatkan antara lain, insfrastruktur jalan  dari Tarusan sampai ke kota Madia Padang, kini daerah ini betul- betul tercelak dan semakin menampakan dirinya  sebagai kawasan wisata bertaraf nasional dan internasional...

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2021 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube