Headline News

header-int

BPBD Pessel Adakan Sosialisasi Pelatihan Kebencanaan

, 04 Februari 2014, 23:38:53 WIB - 356 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Februari 2014.   

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten itu kembali melaksanakan sosialisasi pelatihan kebencanaan kepada masyarakat, Kelompok Siaga Bencana (KSB), Wali nagari,camat, TNI dan Kepolisian, Senin (3/1) bertempat di  Wisma Anordio Painan.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari dengan tujuan untuk  meminimalisir jumlah korban jika terjadi bencana. Untuk itu pemerintah daerah Kabupaten Pesisir Selatan melalui BPBD Pessel terus akan melakukan sosialisasi dan pelatihan kebencanaan kepada masyarakat, ungkap Kepala BPBD Kabupaten Pesisir Selatan, Doni Gusrizal pada wartawan, Senin (4/1) di Painan.

Selain dengan melaksanakan berbagai pelatihan tentang kesiagaan dalam menghadapi bencana, BPBD Pessel juga akan membentuk Kelompok Siaga Bencana Sekolah (KSBS) di daerah pantai, ulasnya.

"Tahun ini kita upayakan terbentuk di seluruh sekolah setingkat SMP dan SMA yang berada di daerah pinggir pantai. Pembentukan KSBS ini jadikan sebagai program utama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) khususnya di bidang pencegahan dan kesiapsiagaan," katanya.

Saat ini Kabupaten Pesisir Selatan sudah memiliki Kelompok Siaga Bencana (KSB) di 182 nagari yang ada. Pada masing-masing nagari, pemkab membentuk satu kelompok siaga bencana yang beranggotakan rata-rata 10 orang per nagari.

Khusus bagi kelompok siaga bencana yang sudah dibentuk, pada tahun 2014 pemkab akan memokuskan pada pembinaan anggota. Selama ini pemkab setempat tidak saja terfokus kepada penanganan ketika bencana terjadi tetapi juga memberikan pelatihan dan pemahaman kebencanaan lebih dini kepada masyarakat, tutup Doni.(08)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube