Headline News

header-int

BPBD Pessel himbau anomali cuaca,  pengendara dihimbau waspada 

Senin, 08 Jul 2019, 18:53:01 WIB - 21 | Mario Rosy
BPBD Pessel himbau anomali cuaca,  pengendara dihimbau waspada 

Pesisir Selatan

Sebagian wilayah di Kabupaten Pesisir Selatan di guyur hujan lebat, pukul 14.00 Wib, selain material tanah dan batu turun dari atas bukit terbawa air hujan, kondisi geografis wilayah di Pesisir Selatan cukup rawan longsor dan banjir. Untuk itu bagi pengendara, baik roda 2 maupun roda 4 dihimbau waspada saat melintasi ruas jalan Nasional di Pesisir Selatan.Selasa (8/7).

Pantuan di daerah siguntur tua, Kecamatan Koto XI Tarusan, akibat hujan material lumpur dan kerikil tersapu air dari atas bukit, hingga ketengah jalan. 

" Hati, hati, hati, pelan, pelan pak licin banyak batu, " ucap salah seorang warga setempat, ketika itu sedang membersihkan material tanah.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Pessel Herman Budiarto ketika dikonfirmasi mengatakan, dengan kondisi anomali cuaca saat ini, sewaktu - waktu turun hujan, dihimbau bagi pengendara baik roda2 maupun roda4 bisa berhati - hati, karena ada beberapa Kecamatan diwilahnya tergolong rawan banjir dan tanah longsor.

Herman menjelaskan, kecamatan tergolong rawan yaitu, Kecamatan Koto XI Tarusan,Kecamatan Bayang, Kecamatan Batang Kapas, Kecamatan Sutera, Kecamatan Lenggayang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kecamatan Tapan, Kecamatan BAB Tapan, Kecamatan Lunang dan Kecamatan Silaut.

" Kita, berharap pengendara bisa berhati - hati, dan mengurangi kecepatan berkendara," kata Herman.

Mengantisipasi banjir dan longsor Ia memintak pihak Camat, Walinagari dan Kelompok Siaga Bencana ( KSB )ada di Kecamatan agar bisa melaporkan cepat, jika terjadi sesuatu di wilayahnya. Hal, itu agar lebih cepat dilakukan penanganan dari  BPBD Kabupaten, dan perangkat daerah lainya.

Dan, selain personil, BPBD Pessel juga menyiagakan peralatan, seperti perahu karet, tenda dan alat berat, yang siap diturunkan sewaktu - waktu. (01)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube