Headline News

header-int

BPS DAN DISKOMINFO SE PROV. SUMBAR WUJUDKAN KOMITMEN KERJASAMA KEDAULATAN DATA DI SUMBAR

Rabu, 06 November 2019, 11:49:01 WIB - 84 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
BPS DAN DISKOMINFO SE PROV. SUMBAR WUJUDKAN KOMITMEN KERJASAMA KEDAULATAN DATA DI SUMBAR

PESISIR SELATAN, Badan Pusat Statistik Prov. Sumbar selenggarakan sosialisasi peran dan fungsi institusi statistik dalam satu data Indonesia yang bertempat di Grand Royal Denai Hotel Bukittingi, yang diikuti Kepala BPS dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika se Kab/ Kota di Prov. Sumbar, Rabu (06/11).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut bertujuan sebagai upaya menyebarkan informasi tentang peran dan fungsi unit kerja statistik sektoral dalam mengelola data dan informasi sehingga masing-masing institusi dapat mengerti dan memahami posisinya dalam mendukung Satu Data Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPS Prov. Sumbar Dr. Ir. Sukardi, M. Si dalam sambutannya mengatakan ketersediaan data dan informasi yang memadai akan memberikan dasar dan arahan yang akurat kepada pemerintah dalam merumuskan kebijakan dan program pembangunan yang tepat.

“Sistem perencanaan pembangunan nasional dapat diwujudkan melalui penyelenggaraan kegiatan statistik dasar, statistik sektoral, maupun statistik khusus sebagaimana diamanatkan UU nomor 16 tahun 1997,” katanya.

Pada kegiatan yang sama, Kepala Biro Keuangan BPS RI Hanif Yahya, S. Si, M. Si yang turut sebagai pembicara pada kesempatan tersebut mengungkapkan peran dan fungsi institusi statistik sangat vital dalam mewujudkan perencanaan yang andal.

“Penjabaran Pepres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia memberikan gambaran transpormasi mengenai perlakuan yang berbeda dalam pengelolaan data, untuk saat ini data sudah dipandang sebagai kekayaan baru bangsa, untuk itu kedaulatan data harus diwujudkan, “ katanya.

Kegiatan tersebut juga dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama antara BPS dengan Dinas Komunikasi dan Informatika se Prov. Sumbar

“Sebagai tindaklanjut penyelenggaraan kebijakan tata kelola data pemerintah, BPS dan Diskominfo lakukan komitmen untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggung jawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan melalui pemenuhan standar data, metadata, interobilitas, dan menggunakan kode referensi dan data induk, “ungkap Kepala Bidang Statistik Diskominfo Pessel Harrison Tar, S. Pi, M. Si.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube