Headline News

header-int

Bupati : Kerjasama Dapat Tingkat Pendapatan Nagari

Kamis, 27 Februari 2020, 11:57:23 WIB - 167 | Kontributor : Fauzul Hadi
Bupati : Kerjasama Dapat Tingkat Pendapatan Nagari

Bupati Pessel diwakili Asisten I Setdakab, Muskamal  membuka sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No. 29 Tahun 2019 tentang Kerjasama Nagari yang digelar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB), Kamis (27/2) di operation room Sekretariat Daerah.

Pada sosialisasi itu hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Wendi dan Sekretaris, Adri.

Sementara peserta sosialisasi yang digelar satu hari itu terdiri dari camat, BKAN, tenaga ahli P3MD, perangkat daerah, forum walinagari dan unsur terkait lainnya. Sedangkan narasumber berasal dari DPMDP2KB, pendamping teknis kawasan perdesaan dan tenaga ahli P3MD.

Muskamal pada kesempatan itu mengatakan, Perbup No.29 Tahun 2019 itu meliputi bidang pemerintahan,  pembangunan, pemberdayaan dan pembinaan kemasyarakatan.

Sementara tujuan ditetapkannya Perbup tersebut adalah untuk meningkatkan kualitas pemerintahan nagari, meningkatkan pendapatan nagari, meningkatkan pelaksanaan pembangunan nagari.

Selanjutnya, meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan stabilitas keamanan dan ketertiban serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat nagari.

Dikatakan, dalam rangka pelaksanaan kerjasama antar nagari serta pembentukan kerjasama antar nagari terlebih dahulu harus menetapkan peraturan bersama walinagari melalui mekanisme  musyarawah antar nagari mengenai kerjasama antar nagari.

Bagi Badan Kerjasama Antar Nagari (BKAN) yang telah ada, khususnya BKAN-MPd atau dengan sebutan lain agar dapat menyesuaikan dengan Peraturan Bupati No. 29 tahun 2019 tentang kerjasama nagari.

"Saya meminta peserta agar mengikuti sosialisasi itu dengan baik, dan dapat mengimplementasikannya dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan nagari dimasa mendatang," pintanya.*

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube