Headline News

header-int

Bupati : Menghadapi cuaca ekstrim warga diminta waspada

Kamis, 30 November 2017, 16:47:36 WIB - 375 | Kontributor : Marlison

Painan,  30 November 2017 - Mengingat tingginya curah hujan disertai angin kencang yang  melanda  Pesisir Selatan beberapa hari terakhir, maka warga diminta waspada.

"Kondisi itu menyebabkan banjir dan tanah longsor disejumlah lokasi. Terkait kondisi cuaca ekstrim itu, maka  warga  diimbau waspada.
Apalagi warga yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai, pantai, kawasan perbukitan serta para nelayan. Soalnya, dengan kondisi cuaca saat ini berpotensi terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor dan gelombang tinggi," sebut Bupati Pessel, Hendrajoni kemarin.

Menurutnya, daerah Pessel berada di sepanjang pantai dan memiliki sedikitnya sepuluh aliran sungai besar yang melintasi beberapa kecamatan yakni Batang Tarusan, Bayang, Jalamu, Surantiah, Kambang, Linggo Sari Baganti, Inderapura, Tapan, Lunang dan Silaut.

Sementara Kepala BPBD, Prinurdin mengatakan, menghadapi berbagai kemungkinan akibat kondisi cuaca tersebut, maka BPBD Pessel menyiagakan tim SAR dan Rescue BPBD 1 x 24 jam.

"Kita meminta informasi dari walinagari dan camat  terkait bencana alam yang terjadi di wilayah masing-masing, sehingga dapat ditangani dengan cepat," ucapnya.

Dikatakan, saat ini BPBD terus menyiagakan sejumlah personil untuk menangani bencana. "Diharapkan mereka bisa bergerak cepat melakukan penanggulangan bencana yang terjadi, dan berkoordinasi dengan pihak terkait," ucapnya. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube