Headline News

header-int

Bupati : Segera Laksanakan Kegiatan Padat Karya Di Nagari

Selasa, 24 Maret 2020, 11:01:43 WIB - 17 | Kontributor : Marlison
Bupati : Segera Laksanakan Kegiatan Padat Karya Di Nagari

Pesisir Selatan-Pemerintah Nagari diminta mempercepat kegiatan padat karya sehubungan dampak ekonomi dari Covid-19 yang tentu makin memberatkan masyarakat. Oleh karena itu, Bupati Hendrajoni memerintahkan para walinagari untuk segera mengerjakan proyek padat karya.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMDPPKB), Wendi, Selasa (24/3) di Painan.

"Ya, program padat karya harus segera dikerjakan, dengan memanfaatkan tenaga lokal nagari agar terjadi perputaran ekonomi di wilayah masing-masing," sebutnya.

Dikatakannya,  sesuai arahan Bupati,  jika nagari segera melaksanakan kegiatan-kegiatan padat karya tunai, maka akan mengurangi beban masyarakat miskin di nagari-nagari.

"Kegiatan pembuatan jalan nagari, tali bandar, dan pembangunan tingkat nagari harus disegerakan sehingga ekonomi tetap bergerak dan upahnya segera dinikmati masyarakat nagari," paparnya.

Lebih lanjut Kepala Dinas PMDPPKB , menyebutkan, saat ini sebanyak 178 nagari sudah menerima transfer dana desa sebesar 40 persen.

"Anggaran yang disalurkan berkisar Rp 400 juta hingga Rp 600 juta sudah ditransfer ke rekening kas nagari, dan siap untuk dimanfaatkan bagi pembangunan nagari," tukuknya.

Wendi menyebutkan bahwa salah satu bidang prioritas penggunaan dana nagari adalah untuk pembangunan, disamping pemberdayaan, pemerintahan dan pembinaan nagari. "Pembangunan nagari jadi prioritas dana nagari," lanjutnya.

Sementara itu, Dinas PMDPPKB sudah menyampaikan kepada Nagari agar juga melakukan upaya-upaya pencegahan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

"Nagari juga dapat menganggarkan biaya penanggulangan bencana, maka segera gunakan untuk tindakan di lapangan seperti penyemprotan dan sosialisasi tentang imbauan pencegahan virus Corona," tambahnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube