Headline News

header-int

Bupati Ajak Warga Lestarikan Kawanan Rusa di Bukit Langkisau

Kamis, 08 November 2018, 14:29:33 WIB - 330 | Kontributor : Didi Someldi Putra

Pesisir Selatan, 8/11/2018 - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni mengajak warga setempat melestarikan keberadaan rusa di lereng Bukit Langkisau dengan tidak mengganggu ataupun memburunya.
     
"Jangan digangu karena hewan itu tidak membahayakan dan jika kita semua mendukung pelestariannya maka akan menjadi nilai tambah bagi dunia kepariwisataan Pesisir Selatan," kata dia di Painan, Rabu.
     
Apalagi, ungkapnya, tempat biasa kawanan rusa menampakkan diri dekat dengan objek wisata andalan daerah setempat yakni Pantai Carocok Painan dan Puncak Langkisau.
     
"Kedepan jika masyarakat mendukung perihal ajakan saya maka antara Pantai Carocok Painan, Puncak Langkisau dan kawanan rusa akan saling melengkapi," sebutnya.
     
Sementara itu, warga Painan, yang juga Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokoler Sekretariat Kabupaten Pesisir Selatan, Wendi menyebutkan pihaknya berencana membentuk Komunitas Peduli Rusa dan Kijang sebagai upaya memastikan kelangsungan hidup hewan yang dilindungi itu.
     
Setelah komunitas terbentuk, rencananya pihaknya akan intensif memperhatikan rusa dan kijang di lereng bukit Langkisau dengan melokalisasi agar keberadaannya tetap lestari.
     
"Dengan dilokalisasi kami berharap binatang itu leluasa beraktivitas tanpa adanya gangguan dari oknum masyarakat yang ingin memburunya," kata dia.
     
Selain itu, pihaknya juga berencana menambah satwa tersebut melalui kerja sama dengan instansi penangkar seperti kebun binatang dan lainnya.
     
"Jika memungkinkan kami akan menambah jumlah Rusa dan Kijang melalui instansi penangkar itu," ungkapnya.
     
Kedepan, dengan bertambahnya jumlah Rusa dan Kijang serta tersedianya areal khusus selain sebagai upaya memastikan kelangsungan hidup binatang itu, pihaknya juga berharap hal tersebut bisa menunjang sektor pariwisata pada daerah setempat.
     
"Apalagi saat ini pemerintah kabupaten setempat sedang fokus mengembangkan pariwisata dan peran serta dari masyarakat untuk menunjangnya tentu diperlukan," kata Wendi.
     
Bukit Langkisau berada tidak jauh dari Painan yang merupakan ibu kota kabupaten setempat, Puncak Langkisau menyajikan pemandangan yang menakjubkan.
     
Di lokasi wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan gugusan pulau, garis pantai, perkotaan hingga Samudera Hindia yang maha luas.
     
Pada bagian timur lereng Bukit Langkisau pada waktu tertentu masyarakat biasanya dapat dengan mudah melihat sekawanan rusa yang berlarian ataupun sekadar mendengar lengkingan suaranya, hanya saja keberadaan rusa-rusa tersebut terancam pemburu nakal.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube