Headline News

header-int

Bupati Buka Penilaian Akreditasi Puskemas Ranah Ampek Hulu Tapan

Kamis, 17 Oktober 2019, 15:30:35 WIB - 43 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Bupati Buka Penilaian Akreditasi Puskemas Ranah Ampek Hulu Tapan

Painan - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni membuka secara resmi penilaian akreditasi Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan, daerah setempat, Kamis (17/10).

"Melalui akreditasi ini kami berharap pelayanan kesehatan di Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan semakin baik," kata Bupati Hendrajoni usai kegiatan itu di Ranah Ampek Hulu Tapan.

Selain itu dengan diakreditasinya Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan ia berharap masyarakat yang datang bukan karena tidak ada pilihan berobat namun karena layanan prima yang diberikan.

"Biasanya begitu, masyarakat menilai layanan di puskesmas apa adanya dan mereka datang juga karena tidak ada pilihan, serta juga karena biayanya yang relatif murah, namun setelah akreditasi hal tersebut tidak boleh lagi," sebutnya.

Ia mengatakan pada Juli dan Agustus tahun ini telah dilaksanakan penilaian akreditasi di dua puskesmas pada daerah setempat yakni Puskesmas Surantih dan Puskesmas Pasar Baru.

"Khusus Puskesmas Surantih mendapat hasil utama dan Puskesmas Pasar Baru mendapat hasil madya," katanya lagi.

Pihaknya pun menargetkan pada akhir 2019 ini seluruh puskesmas di daerah setempat terakreditasi sehingga pelayanan yang baik terlaksana secara menyeluruh.

Hal tersebut jelasnya sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat yang menyebutkan puskesmas sebagai salah satu jenis fasilitas tingkat pertama yang memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional.

Selanjutnya puskesmas perlu ditata ulang untuk meningkatkan aksebilitas, keterjangkauan dan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. 

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian Akreditasi Puskesmas Ranah Ampek Hulu Tapan, Ernawati Balia menyebutkan penilaian akreditasi dilaksanakan sebagai upaya untuk peningkatan mutu kinerja melalui perbaikan berkesinambungan terhadap sistem manajemen puskesmas.

"Selain saya dalam tim ini juga ada Ari Irwan serta Isnawati, dan kebetulan pada kegiatan kali ini saya dipercaya sebagai ketua tim," sebutnya.


 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube