Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Launching Smart Nagari Di Lunang

Senin, 21 Mei 2018, 21:08:33 WIB - 832 | Kontributor : Marlison
Bupati Hendrajoni  Launching  Smart Nagari Di Lunang

PESISIR SELATAN, Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni melakukan  launching Smart Nagari di halaman Kantor Camat Lunang, Senin (21/5). Pada kesempatan itu hadir Ketua DPRD Pessel, Dedi Rahmanto Putra, Sekda, Erizon, jajaran PT.Telkom Sumbar  kepala perangkat daerah, pemuka masyarakat dan undangan lainnya.

Bupati Hendrajoni mengapresiasi pelaksanaan Smart Nagari di Kecamatan Lunang. Kemudian Lunang kini menjadi pilot proyek Smart Nagari. Kedepan diharapkan seluruh nagari sudah terintegrasi dengan Smart City kabupaten dan kecamatan.

Menurutnya, dengan Smart Nagari pelayanan publik semakin cepat dan mudah, meringankan beban masyarakat dan mempersingkat birokrasi.

Dikatakan, 10 aplikasi sudah masuk ke nagari. Oleh karena itu, Pemerintahan Nagari diminta mencari tenaga yang ahli di bidang komunikasi dan informatika agar aplikasi tersebut dapat dikelola dengan baik.

Camat Lunang, Mukhtar Is mengungkapkan, peningkatan pelayanan kini beralih dari manual ke digital. Kini di Kecamatan Lunang seluruh nagari sudah memasang perangkat Smart Nagari.

"Seluruh pelayanan dilakukan dengan teknologi digital dengan sistem aplikasi seluruh nagari. Kemudian aplikasi di kecamatan link ke kabupaten," ungkapnya.

Hal ini lanjutnya, dilatar belakangi oleh kondisi wilayah yang cukup jauh dari ibu kota kabupaten.  Kalau pergi ke Painan bisa menghabiskan biaya sekitar Rp 280 ribu per orang untuk mendapatkan pelayanan birokrasi.

Seluruh lintas sektor bisa dilayani, dan Smart Nagari bisa dinikmati oleh masyarakat, dimana birokrasi semakin mudah dan singkat, ucapnya.

Kadis Kominfo Pessel, Junaidi mengatakan,  melalui program Smart Nagari diharapkan tersedianya akses Pemerintahan Nagari dengan Pemerintahan Kabupaten, peningkatan SDM, dan lainnya. Smart Nagari juga bertujuan untuk menciptakan pelayanan publik yang optimal. Itu juga dalam rangka reformasi birokrasi untuk menciptakan pemerintahan yang baik dan bersih. Sekarang seluruh nagari di Kecamatan Lunang sudah terintegrasi dengan smart city. 

Sementara Manejer PT.Telkom Sumbar,  Suwito  menyatkan,  Pessel terbaik dalam pelaksanaan program smart city di Provinsi Sumatera Barat.

"Kami mendukung program smart city dan smart nagari di Pessel. Pasalnya, program ini banyak manfaat, terutama untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan birokrasi pada masyarakat," katanya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube