Headline News

header-int

Bupati Hendrajoni Bantu Pembangunan Kantor KAN Lakitan

Selasa, 10 Desember 2019, 09:44:59 WIB - 79 | Kontributor : Marlison
Bupati Hendrajoni Bantu Pembangunan Kantor KAN Lakitan

Pesisir Selatan-Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, S.H, M.H bakal membantu pembangunan Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lakitan, Kecamatan Lengayang yang saat ini masih terbengkalai. Hal itu dikatakan Bupati Hendrajoni, Selasa (10/12).

Dikatakan, Kantor KAN Lakitan dirancang dengan konstruksi tahan gempa dan dua lantai. Akan tetapi, kini masih dalam tahap pembangunan dasar berupa tiang dan cor lantai dua. Intinya, kantor tersebut masih terbengkalai.

Sementara KAN sangat membutuhkan kantor yang representatif untuk melaksanakan aktifitas, sekaligus memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Ya, saya akan membantu pembangunan Kantor KAN Lakitan, dan diharapkan pembangunan kantor itu segera rampung dan dapat difungsikan untuk pelayanan masyarakat," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, Pemkab Pessel terus memberikan perhatian terhadap KAN. Salah satunya, pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMDP2KB) Pesisir Selatan menggelar Pelatihan Kerapatan Adat Nagari (KAN) dan Sosialisasi Nagari Adat Tingkat Kabupaten Pesisir Selatan 2019.

Pihaknya meminta pengurus KAN memotivasi masyarakat secara bersama-sama  membangun daerah. Apalagi peran KAN sangat menentukan dalam mendorong percepatan pembangunan daerah, terutama  dalam mewujudkan kehidupan umat beragama yang rukun serta mengembangkan  nilai-nilai budaya Adat Basandi Sara', Syara' Basandi Kitabullah, ucapnya.

Dikatakan, Pemkab Pessel tetap  berkomitmen dalam mewujudkan perubahan sikap mental masyarakat, revitalisasi kelembagaan agama dan kelembagaan sosial kemasyarakatan, sesuai dengan nilai-nilai agama,  adat, budaya dan keararifan lokal.

Sedangkan sasaranya terwujudkan penguatan kelembagaan adat, agama dan budaya melalui peningkatan kapasitas dan kualitas lembaga agama, lembaga sosial keagamaan dan lembaga adat dalam melakukan bimbingan kepada masyarakat. (03)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube