Headline News

header-int

Bupati Instruksikan BPBD Siagakan Personil Untuk Hadapi Potensi Bencana

Jumat, 12 Oktober 2018, 10:56:21 WIB - 399 | Kontributor : Marlison

PESISIR SELATAN, 12/10/2018-Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menginstruksikan BPBD Pessel menyiagakan personil untuk mengadapi berbagai potensi bencana, mengingat meningkatknya intensitas hujan beberapa hari terakhir. Demikian dikatakan, Bupati Hendrajoni, Jumat (12/10).

"Selain instruksi kepada BPBD, kita juga meminta informasi dari walinagari dan camat  terkait bencana alam yang terjadi di wilayah masing-masing, sehingga dapat ditangani dengan cepat," ucapnya.

Dikatakan, saat ini BPBD telah menempatkan sejumlah personil dibeberapa kecamatan. Dengan adanya personil dibeberapa kecamatan diharapkan mereka bisa bergerak cepat melakukan penanggulangan bencana yang terjadi, dan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Lanjutnya, Pessel merupakan salah satu daerah yang rawan dilanda bencana alam seperti banjir, tanah longsor, abrasi pantai, gempa bumi dan lainnya.

Bahkan, sejumlah titik ruas jalan nasional lintas barat Padang-Bengkulu yang melintasi Pessel juga rawan dilanda banjir dan tanah longsor.

"Beberapa titik ruas jalan nasional yang rawan dilanda banjir dan tanah longsor itu berada di Siguntur, Jongah, Duku, Api Api, Selayang Pandang, Bukit Pulai, Batang Kapas dan Tapan," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kini masyarakat Pesisir Selatan diimbau waspada terhadap kondisi cuaca ekstrim seperti tingginya curah hujan yang terjadi beberapa hari belakangan ini. Bahkan, beberapa kawasan terendam banjir.

"Kami telah mengimbau masyarakat agar waspada terhadap kondisi cuaca beberapa hari terakhir, apalagi masyarakat yang bermukim di sepanjang daerah aliran sungai, pantai dan kawasan perbukitan. Solanya, dengan kondisi cuaca saat ini berpotensi terjadinya bencana seperti banjir, tanah longsor dan gelombang tinggi," sebutnya.

Menurutnya, daerah Pessel berada di sepanjang pantai dan memiliki sedikitnya sepuluh aliran sungai besar yang melintasi beberapa kecamatan yakni Batang Tarusan, Bayang, Jalamu, Surantiah, Kambang, Linggo Sari Baganti, Inderapura, Tapan, Lunang dan Silaut. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube