Headline News

header-int

Bupati Instrusikan Agar Penanganan Pasien Diutamakan Ketimbang Proses Administrasi

Rabu, 31 Oktober 2018, 17:09:46 WIB - 278 | Kontributor : Didi Someldi Putra

Pesisir Selatan, 31/10/2018 - Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Hendrajoni menegaskan bahwa penangan pasien mesti diutamakan oleh puskesmas atau rumah sakit dari pada proses administrasi.
     
"Layani pasien dulu, jika ada yang patah, sesak nafas atau yang akan melahirkan segera beri pertolongan. Setelah selesai baru proses administrasi dilakukan," kata bupati usai meresmikan Puskesmas Airpura, daerah setempat, Rabu.
     
Hal itu ditegaskan bupati agar staf puskesmas atau rumah sakit memberikan pelayanan merata kepada seluruh masyarakat tanpa terkecuali.
     
"Saya tidak mau ada warga Pesisir Selatan yang tidak mendapat pelayanan kesehatan karena tidak memiliki uang. Uang merupakan persoalan nomor dua yang utama ialah pelayanan bagi mereka," ujarnya. 
     
Bahkan lanjutnya, jika dalam pelaksanaannya memang ditemukan pasien yang telah diobati namun tidak bisa membayar karena tidak memiliki uang ia secara pribadi akan melunasi biaya pengobatannya.
     
"Telepon genggam saya aktif 24 jam, kepala puskemas atau rumah sakit bisa menelfon saya dan saya akan melunasi biaya pengobatan masyarakat miskin  itu," katanya lagi.
     
Bahkan jika ada beberapa pekerjaan yang tidak bisa ia tinggalkan sehingga tidak bisa ditelepon maka ketua TP PKK setempat yang akan melunasinya.
     
Hal itu ia lakukan sebagai wujud kecintaan kepada masyarakat dan sebagai bentuk pelunasan janji kampanye saat ingin menjadi kepala daerah.
     
Usai meresmikan Puskesmas Airpura, ia langsung mengecek sarana dan prasarana pendukung puskesmas.
     
Selajutnya menyerahkan dua unit kursi roda kepada warga setempat yang mengalami kelumpuhan.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube