Headline News

header-int

Bupati Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Jalan Bayang-Alahan Panjang

Rabu, 16 Januari 2019, 10:25:15 WIB - 392 | Kontributor : Marlison
Bupati Pimpin Rapat Percepatan Pembangunan Jalan Bayang-Alahan Panjang

PESISIR SELATAN, 16/1/2019-Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni memimpin rapat percepatan pembangunan jalan Bayang - Alahan Panjang, Rabu (16/1) di ruang rapat bupati setempat. Rapat itu dihadiri Sekretaris Daerah, Erizon, unsur perangkat daerah Pemprov Sumbar dan perangkat daerah Pemkab Pesisir Selatan.

Bupati pada kesempatan itu mengatakan, percepatan pembangunan jalan Bayang-Alahan Panjang sangat penting, karena jalan itu merupakan jalan tembus dalam rangka pengembangan potensi kedua daerah kedepan. Bahkan, jalan itu juga multifungsi yakni sebagai urat nadi perekonomian, jalan alternatif jika sekiranya jalan nasional Padang-Bengkulu putus, dan juga bisa menjadi jalur evakuasi bencana gempa dan tsunami.

Disebutkan, Pesisir Selatan dilintasi ruas jalan nasional lintas barat Sumatera atau disebut juga jalan nasional Padang-Bengkulu, mulai dari batas Kota Padang hingga batas Provinsi Bengkulu, tepatnya Kabupaten Muko Muko. Jalan yang menghubungkan dua provinsi yakni Sumbar-Bengkulu itu, keberadaannya sangat strategis dan vital, baik dari sisi ekonomi maupun transportasi.

Jalan itu juga merupakan jalan satu poros yang menghubungkan Kabupaten Pesisir Selatan dengan daerah tetangga seperti Kota Padang, Muko Muko dan lainnya. Pasalnya, sejauh ini daerah yang memiliki garis pantai sepanjang 242 kilometer itu belum memiliki jalan alternatif atau jalan tembus yang dapat dilalui kendaraan.

Mengingat hanya memiliki jalan satu poros, maka Pesisir Selatan butuh pembangunan jalan tembus yang juga memiliki posisi strategis yaitu jalan Bayang-Alahan Panjang. "Oleh karena itu, kita berharap agar pembangunan jalan Bayang-Alahan Panjang segera dituntaskan untuk kepentingan masyarakat dan kemajuan daerah kedepan, pengembangan potensi sumerdaya alam dan perekonomian kedua kabupaten bertetangga tersebut, pintanya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube