Headline News

header-int

Bupati Serahkan KTP elektronik ke Pelajar Berulang Tahun

Senin, 13 Januari 2020, 17:09:17 WIB - 311 | Kontributor : Didi Someldi Putra
Bupati Serahkan KTP elektronik ke Pelajar Berulang Tahun

Painan  - Bupati Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Hendrajoni menyerahkan KTP elektronik kepada pelajar SMAN 3 Lengayang, Voulina Aswanti tepat pada saat ia berusia 17 tahun, Senin.

"Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan unggulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan," kata Hendrajoni di SMA 3 Lengayang.

Pada kesempatan itu, terlihat Voulina Aswanti begitu bahagia, terutama pada saat orang nomor satu di kabupaten setempat bersama teman-temannya dan jajaran guru menyanyikan lagu ulang tahun yang berisi harapan-harapan positif untuknya.

Hendrajoni menyebut, saat ini di daerah setempat pengurusan dokumen kependudukan baik KTP, kartu keluarga, akta lahir, akta kematian dan lainnya sangatlah mudah.

Pengurusannya, kata dia, bisa dilakukan di pusat kecamatan melalui kantor Unit Kerja Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil, tidak perlu lagi ke ibu kota kabupaten seperti beberapa tahun sebelumnya.

Pendirian kantor tersebut berpijak pada Perda Nomor 10 tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Peraturan Bupati Pesisir Selatan Nmor 24 tahun 2017 tentang Unit Kerja Layanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. 

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pesisir Selatan, Evafauza Yuliasman, yang juga hadir dalam kesempatan tersebut, menyebutkan, pihaknya telah melaksanakan berbagai inovasi pelayanan publik, selain pendirian kantor Unit Kerja Layanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil, juga ada program Salam Sapa ke Pintu Rumah.

Pada program Salam Sapa ke Pintu Rumah pihaknya menyiapkan petugas yang lengkap dengan berbagai peralatannya untuk pembuatan dokumen kependudukan sehingga masyarakat yang menetap di lokasi terpencil tidak perlu lagi ke pusat kecamatan untuk mengurus berbagai dokumen kependudukannya.

Selanjutnya, ada Layanan Turut Berduka yakni layanan turun ke rumah duka untuk memberikan akta kematian kepada ahli waris, berikutnya Layanan Pas Nikah yakni pemberian administrasi status setelah prosesi pernikahan dilangsungkan dan banyak lagi.

Atas berbagai inovasi layanan itu, sebutnya, pada awal 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat meraih penghargaan sebagai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kategori khusus dari Kementerian Dalam Negeri atas dukungan kebijakan dan implementasi yang dapat mengungkit pemanfaatan data dan pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil skala besar. 

 

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube