Headline News

header-int

Bupati Serahkan Sapi Kurban Pada Pengurus Masjid Baiturrahman Bukit Tapus

Selasa, 28 Juli 2020, 21:05:39 WIB - 54 | Kontributor : Marlison
Bupati Serahkan Sapi Kurban Pada Pengurus Masjid Baiturrahman Bukit Tapus

Pesisir Selatan-Pengurus Masjid Baiturrahman Bukit Tapus, Nagari Pondok Parian Lunang, Kecamatan Lunang menerima sapi kurban dari Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, Selasa (28/7).

Selain Masjid Baiturahman, beberapa masjid lain yang ada di sejumlah kecamatan juga menerima sapi kurban dari bupati pada Idul Adha tahun ini.

Pada kesempatan itu bupati juga mengatakan bahwa untuk memutus mata rantai penularan Covid 19 di tengah-tengah masyarakat, maka kegiatan pemotongan hewan kurban di masa Pandemi Covid 19 tetap mematuhi protokol kesehatan.

Terkait hal itu, pemkab melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan telah mengirim surat edaran kepada camat dan walinagari dr Kabupaten Pesisir Selatan. 

"Dimana, seluruh panitia dan petugas pemotongan hewan kurban nantinya harus mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penularan Covid 19," katanya.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan juga akan menerjunkan tenaga kesehatan hewan di lapangan melakukan pengawasan dan pemeriksaan kesehatan hewan kurban baik sebelum dipotong maupun setelah dipotong, ungkapnya.

Ia juga meminta kepada panitia atau pengurus masjid agar membeli hewan kurban yang sehat, dan telah mengantongi Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Disebutkan lagi, setiap hewan kurban yang dipotong pada Idul Adha harus dalam kondisi sehat dan tidak mengidap penyakit apapun, apalagi penyakit yang bisa menular ke manusia. 

Oleh karena itu, tenaga kesehatan hewan diterjunkan melakukan pengawasan dan pemeriksaan hewan korban di lapangan, sebutnya. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2020 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube