Headline News

header-int

Bustami WN Ampiang Parak Pelopor Biogas Di Pessel

, 01 Agustus 2012, 00:00:00 WIB - 487 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan,Juli-- Walinagari Ampiang Parak Kecamatan Sutera Ir Bustami sosok walinagari yang menjadi pelopor pembuatan teknologi biogas didaerahnya,semua itu berawal dari masuknya program PNPM MPd yang berintegrasi dengan PNPM LMP pada tahun 2010.

Pria kelahiran Padang Laweh Ampiang Parak 12 Desember 1964 menceritakan proses awal berkembangnya masyarakat nagarinya mengunakan biogas .Semua itu disebabkan banyak hewan ternak warga yang lepas juga mengakibatkan banyaknya kotoran dan menimbulkan pencemaran, padahal Pemerintah Kabupaten Pessel telah mengeluarkan Perda tentang ternak lepas,serta tinggi biaya yang dikeluarkan warga untuk membeli minyak tanah.

Bersyukur tahun 2010 PNPM LMP yang berintegrasi dengan PNPM MPd memberikan pelatihan pembuatan biogas.Ternyata pelatihan itu membawa manfaat sehingga hingga kini masyarakat yang mengunakan biogas di nagarinya sekitar 30 unit.

"Biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan satu unit Biogas hanya sekitar Rp 6 juta dan nantinya akan mampu mengalirkan 3-4 unit rumah warga, dan ini bisa dipergunakan hingga 20 tahun kedepan," ujarnya.

Berkat keberhasilannya memanfaatkan kotoran sapi sebakat bahan bakar, Suami dari Ernawati ini sering dipanggil menjadi narasumber untuk membagi ilmunya untuk pembuatan biaogas.

Ayah dari empat orang anaknya Mitri Vinola Utami,Chintia Amalia Utami,Rahmatul Nabila Utami dan Nodifa Hairunisa Utami menambahkan banyak manfaat yang diperoleh jika masyarakat mengunakan biogas sebagai bahan bakar diantaranya hemat waktu, biaya,tenaga,tahan lama,bersih dan sehat,kita hanya mengunakan 3-5 ekor sapi kelangkaan minyak tanah dan gas bisa teratasi."Ambisi saya cuma satu,ingin menjadikan nagari Ampiang Parak sebagai nagari Hijau dimana dapat mengunakan bahan bahan yang organik dalam kehidupan sehari hari

Kepala BPMPMKBPr Kabupaten Pessel Mawardi Roska memberikan apresiasi kepada Bustami karena dia telah membawa perubahan besar sehingga ekonomi masyarakat dapat ditingkatkan.

"Kita berharap gebrakan Walinagari ini dapat dicontoh oleh Walinagari lainnya untuk memberikan motivasi kepada masyarakatnya untuk dapat berbuat yang berbasis ramah lingkungan," ujarnya (07)(07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube