Headline News

header-int

CALON JAMAAH HAJI PESSEL KURANG DARI KUOTA

, 18 September 2013, 21:38:00 WIB - 705 | Kontributor : Yusril Budidarma, A.Md

Painan, September 2013.   

Jumlah calon jamaah haji Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2013 berangkat ke Makkah berkurang dari kuota yang ditetapkan untuk kabupaten itu sebelumnya.

"Semula jamaah yang akan berangkat sebanyak 90 orang dari kuota 107 orang di kabupaten ini. Namun yang berangkat hanya 89 orang karena satu orang diantaranya atas nama Suhatril meninggal dunia dua pekan lalu, " ujar Wakil Bupati Pesisir Selatan Editiawarman di Painan, kemarin.

Calon jamaah haji termuda dari 89 orang yang berangkat tercatat berusia 37 tahun yakni Fani dari Kecamatan IV Jurai. Sedangkan calon jamaah haji tertua atas nama Buyung usia 83 tahun dari Kecamatan Ranahpesisir.

Pengurangan jumlah calon jamaah haji yang diberangkatkan dari kuota sebanyak 107 orang tersebut terjadi karena kebijakan pemerintah Arab Saudi yang mengurangi kuota terhadap seluruh jamaah haji diseluruh dunia tahun 2013 terkait renovasi Masjidil Haram.

Kuota tahun ini mengalami penurunan dibanding tahun lalu (2012) yakni 120 orang atau berkurang sebanyak 13 orang pada tahun 2013. Penurunan kuota juga terjadi pada tahun sebelumnya (2012) yang tercatat sebanyak 120 orang dari tahun 2011 yakni 168 orang.
Meski jumlahnya berkurang dari yang terdaftar pada kuota yang ada, namun bagi mereka yang masuk daftar tunggu tetap akan disesuaikan dengan nomor urut.

Sedangkan bagi mereka yang tercatat pada kuota tahun 2013 namun gagal diberangkatkan, maka akan diprioritaskan berangkat pada tahun 2014 sebab kekurangan tersebut sudah masuk pada kuota pusat.
Untuk keberangkatan nantinya, calon jamaah haji asal kabupaten itu akan bergabung dengan calon jamaah haji asal Kota Padang, Bengkulu dan Kabupaten Sijunjung pada kloter delapan yang berjumlah sebanyak 369 orang.

Sesuai rencana, semua calon jamaah haji pada kloter delapan akan menginap satu hari di asrama haji Padang sebelum diberangkatkan ke tanah suci Mekah pada 18 September 2013.
Menurutnya, sesuai catatan kantor Kementerian Agama (Kemenag) kabupaten setempat hingga kini calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu di kabupaten sudah mencapai urutan pada tahun 2018. Meskidemikian pendaftaran calon jamaah haji baru masih tetap berlangsung.

"Minat masyarakat kabupaten ini untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekah cukup banyak, hampir setiap hari ada warga yang mendaftar, namun yang berangkat setiap tahunnya tetap mengacu pada nomor urut pendaftaran, " ujarnya.(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube