Headline News

header-int

Cek Fisik Kenderaan Sebelum Mudik Lebaran

, 22 Agustus 2010, 12:37:00 WIB - 704 | Kontributor : MsrPd - Administrator

Painan, Agustus ----

Guna mengantisipasi agar tidak terjadinya kecelakaan Lalulintas (Lalin) pada Mudik Lebaran Idul Fitri 1431 H nanti, seluruh pengendara diwajibkan untuk melakukan uji kesehatan (cek fisik) kenderaan atau Keur sebelum H - 7 lebaran. Ini sesuai dengan edaran Direktur Jendral (Dirjen) Perhubungan Kementerian RI.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Pesisir Selatan, Syamsurizal kepada pesisirselatan.go.id di Painan kemaren. Kelayakan bagi kenderaan tersebut seperti, mesin, rem, ban, lampu dan bola-bola setir dan lainnya.

Dalam edaran itu menyebutkan, semua kendaraan angkutan lebaran wajib melaksanakan Keur menjelang H-7 sehingga bisa dipastikan kelayakan atau kesiapan armada untuk beroperasi. Ini sangat berguna untuk keselamatan pengendara dan penumpang kenderaan saat mudik nanti, tuturnya.

Keur dilakukan untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas saat mudik lebaran. Para pengendara akan mengetahui apa yang dibutuhkan atau yang diperlukan kenderaan saat mudik nantinya. Jika ini dilalaikan, berarti pengendaera itu sendiri juga telah melalaikan keselamatan dirinya dan penumpang.

Para petugas yang ada di Posko-posko yang telah didirikan nanti akan melakukan pengecekan terhadap bukti Keur kenderaan masing-masingnya. Bila ditemukan adanya kendaraan yang tidak melaksanakan keur, maka akan diberikan sanksi yang tegas sesuai aturan yang telah ditetapkan.

Kepada pemilik mobil dan pengemudi diminta armada angkutan lebaran untuk tidak mengisi penumpang melebihi kapasitas yang ada. Jika ini ditemukan juga akan dilakukan tindakan tegas dari petugas, imbuhnya

Demi kelancaran tugas dilapangan pada lebaran nanti, Dinas Perhubungan akan melakukan kerjasama terpadu dengan tim angkutan lebaran dengan melibatkan seluruh unsur terkait lainnya(04

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube