Headline News

header-int

Destinasi Baru Bermunculan di Pessel Membawa Dampak Ekonomi Bagi Masyaraka

Selasa, 10 September 2019, 22:41:47 WIB - 175 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Destinasi Baru Bermunculan di Pessel  Membawa Dampak Ekonomi Bagi Masyaraka

Pesisir Seltan-- Objek Wisata baru di Kabupaten Pesisir Selatan  terus bermunculan dan semakin banyak dikenal masyarakat.Untuk itulah perlu adanya pemberdayaan kepada masyarakat di kawasan wisata baru tersebut agar bisa menjadi masyarakat yang paham akan Sapta Pesona. 

"Banyaknya tumbuh destinasi baru adalah positif karena komitmen membangun pariwisata itu bukan hanya komitmen pemerintah daerah namun hendaknya komitmen banyak pihak termasuk promosi dari media. palagi kalau media positif memberitakan. Sebenarnya pariwisata itu citra, itu yang membuat masyarakat tertarik untuk datang," terangnya Kadis Pariwisata pada Dinas pariwisata,Pemuda dan Olahraga Pessel Hadi Susilo Selasa(10/ 9)

Menurutnya tumbuhnya objek wisata baru juga merupakan harapan bersama .Salah satu dampak ekonomi ke masyarakat adalah pariwisata. Begitu orang datang, mereka orang perlu transportasi, makan, minum, souvernir dan belanja oleh-oleh dan belanja lainnya.

Dengan belanja itu membuat pariwisata memiliki multiplier effect kepada masyarakat. 

"Pariwisata akan mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat dan ekonomi kreatif.  Sumber pendapatan itu diantaranya dari bisnis kuliner.Kemudian dari souvernir dan oleh-oleh lainnya juga akan memberikan pendapatan kepada masyarakat," ujarnya 

Mengungkapkan  masyarakat yang berada di Kawasan Wisata harus bisa bersikap baik dan memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan Sapta Pesona . Bahkan  dianjurkan terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) agar masyarakat yang tergabung dalam Pokdarwis dapat menciptakan  destinasi pariwisata serta dapat terlibat langsung dalam mewujdukan destinasi wisata yang aman, tertib,bersih,sejuk,indah,ramah dan kenangan. 

"Peranan Kelompok Sadar Wsiata merupakan salah satu kelompok dalam masyarakat yang memiliki peranan dan kontribusi penting dalam pengembangan pariwisata, karena itu keberadaannya harus selalu dibina dan didukung terus sehingga bisa lebih berperan, efektif dalam mengerakan partisipasi masyarkaat untuk mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi pertumbuhan kegiatan kepariwisataan disekitar destinasi," ujarnya 

Ditambahkannya Sumberdaya manusia yang berada di Kawasan Wisata harus selalu dibina, sebab sarana prasarana pendukung Kawasan Wisata yang dibangun pemerintah akan menjadi percuma jika prilaku dan tingkah maysarakatnya tidak ikut mendukung .Karena itulah Aspirasi yang ada banyak dipokuskan kepada peningkatan SDM masyarakat terutama di Kawasan Wisata agar perkembangan pariwisata bisa tumbuh kembang secara maksimal dan masyarakat yang berada disekitar kawasan juga menjadi pelaku dan mampu meningkatkan ekonomi mereka," ujarnya (07)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube