Headline News

header-int

Dinas Pangan gelar Rakor KRPL Tahun 2019

Kamis, 25 Apr 2019, 22:03:27 WIB - 39 | Riva Endra, S.Kom
Dinas Pangan gelar Rakor KRPL Tahun 2019

Pesisir Selatan, - Dinas Pangan Pessel selenggarakan rapat kordinasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang diikuti oleh Pendamping dan ketua Kelompok Pelaksana kegiatan KRPL bertempat di ruangan rapat Dinas Pangan, kamis (25/04).

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Agustina Rahmadani, SST,MM, dalam sambutanya disampaikan kegiatan KRPL bertujuan agar keluarga yang tergabung dalam kelompok KRPL mampu menjadi contoh bagi masyarakat sekitar untuk memanfaatkan perkarangan sebagai media untuk bercocok tanam maupun, berternak dan budidaya karena itu akan dapat mendukung pemenuhan pangan rumah tangga dalam pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi dan aman

“Kegiatan KRPL merupakan sebuah kegiatan yang mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan sebagai media untuk bercocok tanam agar bisa di konsumsi oleh keluarga, diharapkan kegiatan ini tidak sekedar untuk menanam akan tetapi perlu juga diperhatikan estetikanya dan hasil yang didapat dari pekarangan, paling diutamakan untuk konsumsi keluarga, kepada pendamping diminta untuk bisa memberikan bimbingan kepada kelompok, sehingga anggota kelompok bisa memanfaatkan pekarangan," jelasnya.

Agustina menjelaskan tahun ini Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan bantuan untuk kelompok KRPL dari APBN dan pendampingan dari APBD

“Kabupaten Pesisir Selatan mendapat 9 kelompok penerima bantuan pemerintah untuk kegiatan KRPL, 5 kelompok untuk kelompok pengembangan diberikan bantuan sebesar Rp. 15.000.000,- dan 4 kelompok penumbuhan diberikan bantuan sebesar Rp. 50.000.000,-. Dimana pemanfaatan penggunaan dana tersebut diperuntukan untuk pengelolaan pekarangan anggota, demplot percontohan sebagai tempat sekolah lapangan dan untuk pembangunan kebun bibit yang nantiknya berfungsi sebagai keberlanjutan tanaman pada kelompok dan bibit yang ada di kebun bibit ini juga dianjurkan bisa dijual kepada masyarakat sekitarnya sehingga kebun bibit ini mampu meningkatkan pedapatan kelompok,” jelasnya.

Sementara Kasi Konsumsi Pangan Eliza Desiianti SH,MM menambahkan diharapkan kepada kelompok KRPL agar menanam berbagai jenis tanaman konsumsi sebanyak 70 polibag.

“Diharapkan kepada masing-masing anggota kelompok agar menanam berbagai jenis tanaman minimal sebanyak 70 polibag,” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut kelompok juga diberikan ternak unggas dalam rangka pemenuhan sumber potein untuk keluarga.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube