Headline News

header-int

Dinas Pangan Prov.Sumbar Lakukan Rakor Pengolahan Pangan

Kamis, 19 Sep 2019, 00:05:38 WIB - 25 | Kontributor : Riva Endra, S.Kom
Dinas Pangan Prov.Sumbar Lakukan Rakor Pengolahan Pangan

Painan, - Dinas Pangan Prov. Sumbar selenggarakan Rakor Pengolahan Pangan Lokal bertempat di Ruang Rapat Dinas Pangan Prov. Sumbar, Selasa (17/09).

Rapat yang dilaksanakan selama satu hari tersebut diikuti seluruh Dinas Pangan Kab/ Kota se Sumbar dan dipimpin Kepala Bidang Konsumsi dan keamanan Pangan Dinas Pangan Propinsi Sumatera Barat Buskar Zulmahdi serta didampingi Kepala Seksi Teknologi Pangan Derry Swati, SP. M.Si.

Buskar Zulmahdi dalam sambutanya mengatakan Penganekaragaman konsumsi pangan khususnya konsumsi karbohidrat harus didukung oleh penyediaan sumber pangannya.

"Minat masyarakat untuk mengkonsumsi sumber karbohidrat non beras berkurang manakala ketersediannya kurang dan harganya relatif mahal," Katanya.

Oleh karena itu untuk meningkatkan konsumsi pangan sumber karbohidarat non beras perlu didukung upaya pengadaannya yaitu melalui pengembangan pengolahan pangan lokal.

"Pemanfaatan pangan lokal yang bersumber dari aneka umbi, sagu, pisang, sukun, labu kuning dan yang lainnya sudah banyak  dikembangkan dengan dijadikan tepung," Jelasnya.

Sementara itu Derry menerangkan tentang petunjuk pelaksanaan lomba pengolahan pangan lokal yang akan dilaksanakan pada acara peringatan Hari Pangan sedunia tingkat propinsi.

"Tujuan diselenggarakan lomba pengolahan pangan lokal adalah untuk memperkenalkan berbagai jenis olahan pangan yang bahan baku jagung dan umbi-umbian serta mendorong kreatifitas kelompok atau pengusaha pengolah pangan lokal dalam menciptakan kreasi olahan pangan yang komersil dan siap untuk dipasarkan sebagai salah satu produk olahan pangan menunjang pariwisata pada saat hari peringatan pangan sedunia tingkat provinsi," Katanya.

Pada lomba pangan lokal tersebut akan diperlombakan 2 jenis masakan yang akan ditampilkan berupa makanan ringan/kering dan makanan basah.

"Dimana masing-masing produk berbahan jagung dan umbi2an," ungkapnya.

Pada saat perlombaan nanti kreatifitas resep, cita rasa, penyajian dan kemasan produk diserahkan pada panitia dan produk yang ditampilkan harus sama dengan buku resep.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2019 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube