Headline News

header-int

Dinas Pangan Sosialisasikan Progam OPAL Untuk Budidaya Sayuran Pada Masyarakat

Senin, 09 Desember 2019, 10:06:58 WIB - 247 | Kontributor : Marlison
Dinas Pangan Sosialisasikan Progam OPAL Untuk Budidaya Sayuran Pada Masyarakat

Pesisir Selatan-Bupati Pesisir Selatan, H.Hendrajoni, S.H, M.H meminta Dinas Pangan untuk mensosialisasikan program Obor Pangan Lestari (OPAL) kepada masyarakat, sehingga masyarakat bisa mendapatkan sayur segar dan sehat untuk dikonsumsi. Demikian disampaikan Bupati Hendrajoni, Senin (9/12) di Painan.

"OPAL terdiri dari kebun bibit tanaman hidroponik, tanaman sayur cabe, bumbu dapur dan umbi-umbian. Masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan yang ada di rumahnya," ungkap bupati.

Dalam kesempatan itu bupati mengimbau agar kedepannya jenis tanaman yang dikembangkan terus bertambah, tidak hanya terpaku pada sayuran, tetapi diharapkan bisa menanam buah buahan.

"Dengan adanya sayuran hidroponik ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga yang cukup baik dari segi mutunya, aman dan  bergizi," imbuhnya.

Bupati Hendrajoni menyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi model pemanfaatan lahan pekarangan yang bisa dicontoh oleh masyarakat Pesisir Selatan.

Sementara Kepala Dinas Pangan Pesisir Selatan, Alfis Basyir mengatakan, OPAL merupakan bagian dari Kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang telah dilakukan oleh kelompok masyarakat.

Sejak dilakukan beberapa tahun belakangan, maka telah membuah hasil menggembirakan, dimana tahun 2019 ini KWT Kelok Indah Kecamatan Lengayang mendapat Juara II dalam pelaksanaan kegiatan KRPL tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Disebutkan, penanaman sayuran dengan metode hidroponik diharapkan mampu menjadi percontohan dan area belajar bagi petani dan penyuluh.

Ia menambahkan, budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sedangkan Obor Pangan Lestari yang selanjutnya disebut OPAL adalah upaya promosi penganekaragaman pangan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat. (03)

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube