Headline News

header-int

Dinas Pariwisata Adakan Pelatihan Selam

Selasa, 01 Oktober 2019, 07:16:03 WIB - 274 | Kontributor : Elfi Mahyuni, S.H
Dinas Pariwisata Adakan Pelatihan Selam

Pesisir Selatan -- Beberapa orang pemuda di Kawasan Mandeh mendapatkan pelatihan pemandu wisata selam(Diving). Pelatihan ini dilaksanakan selama seminggu semenjak Senin(30/9)di Kawasan Mandeh. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui dana Alokasi Khusus (DAK).

Kabid Pariwisata pada Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga. Pessel Yohendro Nasti. Senin (30/9) mengungkapkan kegiatan ini dilakukan karena Kawasan Mandeh memiliki potensi yang cukup besar,salah satunya wisata bawah laut yang cukup indah. Bahkan di Kawasan Mandeh memiliki lokasi selam yang cukup indah yaitu tempat lokasi tengelamnya kapal MV Boelongan. Keberadaan bangkai kapal Belanda yg tenggelam di kawasan ini menambah nilai tersendiri bagi wisata bawah laut wilayah ini.

"Tujuan pelatihan ini agar pemuda Kawasan Mandeh memiliki kemampuan menjadi pemandu selam yang andal dan bersertifikasi sehingga mampu menjadi pemandu yang andal dan profesional,pemenuhan kebutuhan akan pemandu wisata resmi bersertifikat cukup mendesak." ujarnya .

Dijelaskannya selain sebagai pemandu selam juga bertujuan sebagai pemandu rescue atau tenaga pemandu yang bisa membantu ketika adanya kecelakaan dalam bagi wisatawan ketika berwisata di Kawasan Mandeh. Sehingga wisatawan semakin merasa aman dan nyaman ketika berwisata air di Mandeh. 

"Nantinya para pemandu selam ini memiliki sertifikat untuk bisa digunakan pleh mereka sebagai pemandu wisata bawah air(Underwater) atau menjadi pelatih selam bagi masyarakat lainnya, mereka dilatih oleh intruktur yang berpengalaman" ujarnya 

Lebih lanjut pelatihan ini  untuk mencukupi kebutuhan "tour guide" di kawasan wisata Mandeh.Dan pelatihan ini sebagai upaya mengantisipasi kebutuhan layanan pariwisata demi memberikan layanan optimal bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Mandeh.

"Kami berharap`agar ke depan mereka juga mampu berperan dalam upaya meningkatkan layanan kepariwisataan di kawasan Mandeh," katanya.(07)

 

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Portal Resmi Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan merupakan Wadah informasi bagi masyarakat dari pemerintah. Kabupaten Pesisir Selatan adalah sebuah kabupaten di Sumatera Barat, Indonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 5.749,89 km² dan populasi ±420.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Painan.
© 2024 Kabupaten Pesisir Selatan. Follow Me : Facebook Youtube